Jelang Tahun Baru, Harga Cabai dan Bawang Merah di Pesisir Selatan Turun

"Akhir tahun ini stok cabai lebih banyak"
Pedagang cabai merah di Pesisir Selatan (KLIKPOSITIF/Kiki Julnasri Priatama)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Jelang tahun baru 2019, harga cabai dan bawang merah mengalami penurunan di Pasar Tradisional, Kabupaten Pesisir  Selatan, Sumatera Barat. 

Menurut pantauan di Pasar Sabtu Kambang, saat ini cabai merah turun menjadi Rp24 ribu, dari sejumlahnya Rp36 ribu periklogram. 

"Turun murah jelang tahun baru ini, baik itu cabai merah kerinci maupun cabai merah kampung. Minggu lalu Rp36 ribu sekilo, minggu ini Rp24 sampai Rp26 ribu," kata Pedi, salah seorang pedagang cabai kepada KLIKPOSITIF. 

Hanya saja dia tidak menjelaskan penyebab turunnya harga cabai. Namun, diketahuinya akhir tahun ini stok cabai lebih banyak dan harus dijual supaya cepat habis. 

"Sekarang stoknya banyak. Jadi akhir  tahun ini jauh lebih turun dari sebelumnya," terang Pedi. 

Begitu juga bawang merah yang sebelumnya tembus diharga Rp35 ribu perkilogram. Akhir tahun ini terjun bebas menjadi Rp13 ribu dan Rp25 ribu perkilogram sesuai kualitas. 

"Bawang merah juga turun. Pokoknya  selepas musim hujan kamarin, harga menjadi turun," terang pedagang lainnya,  Dino. 

Kendati demikian, Dino menilai sebagian pembeli masih merasa harga tersebut terbilang mahal. Sehingga penurunan harga tidak berdampak besar terhadap transaksinya setiap hari.

"Tapi kalau turunnya bisa Rp10 ribu perkilogram itu baru baik. Jadi kalau pembeli bawa uang Rp50 ribu ke pasar, ada sisanya lagi untuk ditabung," pungkasnya.

[Kiki Julnasri Priatama]