Rumah Susu Padang Panjang Juga Kembangkan Masker dan Sabun Kefir (3)

"Selain berfungsi mengangkat sel kulit mati pada wajah, kefir juga mampu mengeluarkan racun kimia dalam kulit yang menumpuk karena penggunaan make up. "
Pengelola Rumah Susu Padang Panjang Erni dan produk kosmetik masker kefir dan sabun kefir. (KLIKPOSITIF/Satria Putra)

KLIKPOSITIF – Selain mengolah susu pasteurisasi, kefir dan es krim, saat ini Rumah Susu Padang Panjang juga mulai mengembangkan produk kosmetik yang terbuat dari susu perah.

Pengelola Rumah Susu Erni mengatakan sekarang ia mengembangkan masker kefir dan sabun kefir. “Baru mulai dua minggu ini,” katanya.

Meski baru dua minggu, saat ini sudah ada agen pemasaran masker dan sabun kefir di Pekanbaru. Ia mengatakan, sabun kefir yang 100 persen terbuat dari susu perah ini dijual seharga Rp25.000 dan masker seharga Rp45.000.

Ia menjelaskan kefir adalah bentuk fermentasi susu bisa susu kambing atau sapi yang mengendap. 

Dalam mengembangkan produk kosmetik itu, ia mengaku belajar secara otodidak dan bertanya ke komunitas pengolahan susu sapi murni menjadi alat kosmetik.  

“Kefir ini memiliki banyak manfaat untuk kulit,” katanya.

Selain berfungsi mengangkat sel kulit mati pada wajah, kefir juga mampu mengeluarkan racun kimia dalam kulit yang menumpuk karena penggunaan make up. Selain itu kefir juga bisa melawan tanda penuaan, mencerahkan kulit wajah, menstimulasi produksi kolagen pada wajah, menghaluskan wajah, menghilangkan noda bekas jerawat, dan flek hitam.

“Sekarang masker kefir kan lagi booming. Efeknya emang terlihat, khusus untuk jerawatan terlihat cepat hasilnya,” katanya.

Cara melakukan detoks wajah secara teratur dengan masker kefir idealnya dilakukan 1-2 kali setiap hari selama sepuluh hari berturut-turut. Pada sebagian orang, awal-awal pemakaian akan membuat kulit terasa sedikit perih, kemerahan. Hal ini dikarenakan proses detoks berlangsung.

Kefir ini bekerja untuk mengeluarkan racun-racun akibat penumpukan bahan kimia dari make up, polusi udara dan lain-lain. Biasanya setelah pemakaian 10 ... Baca halaman selanjutnya