Genjot Ekspor Awal 2019, Kemendag Bidik Kerjasama dengan Amerika Serikat

"Kunjungan kerja ke AS ini merupakan salah satu strategi yang dilakukan untuk mencapai ekspor nonmigas"
Ilustrasi kegiatan Ekspor Impor (IPC)

EKONOMI, KLIKPOSITIF -- Kementerian Perdagangan membidik kerjasama ekonomi dengan Amerika Serikat untuk menggenjot kinerja ekspor di awal tahun 2019 ini.

Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita mengatakan bahwa rencana kerjasama tersebut dilakukan dengan mengunjungi negeri Paman Sam itu pada 14 hingga 19 Januari 2019.

Dalam kunjungan itu, pemerintah mengupayakan Indonesia bisa mempertahankan kinerja ekspor dengan kondisi ekonomi dunia yang diprediksi melambat.

"Kunjungan kerja ke AS ini merupakan salah satu strategi yang dilakukan untuk mencapai ekspor nonmigas yang ditargetkan naik 7,5 persen dibandingkan tahun lalu, atau sebesar USD 175,9 miliar," katanya dikutip dari laman resmi Kemendag.

Menurut Enggar, upaya untuk meningkatkan kinerja ekspor harus dilakukan sedini dan semaksimal mungkin, sebab tahun ini, ekspor nonmigas ditargetkan naik menjadi USD 175,9 miliar dibandingkan tahun lalu.

Neraca perdagangan nonmigas juga tercatat surplus sebesar USD 4,64 miliar pada Januari-November 2018. Dalam periode tersebut, ekspor secara keseluruhan tumbuh positif sebesar 7,7 persen dengan nilai ekspor migas sebesar USD 15,65 miliar dan ekspor nonmigas USD 150,14 miliar.

Dalam kunjungan kerja ini, Enggar dijadwalkan melakukan sejumlah pertemuan, salah satunya yaitu pertemuan bilateral dengan Duta Besar Perwakilan Perdagangan AS (USTR Ambassador) Robert Lighthizer guna menindaklanjuti pemberian tarif preferensial yaitu sistem preferensi umum (Generalized System of Preferences/GSP).

Sebanyak 3.546 produk Indonesia diberikan fasilitas GSP berupa eliminasi tarif hingga 0 persen.

Dalam tujuh bulan terakhir, Pemerintah Indonesia telah melakukan komunikasi dan koordinasi intensif dengan AS agar status Indonesia dapat tetap dipertahankan di bawah skema GSP.

Pasalnya program ini memberi manfaat baik kepada eksportir Indonesia maupun importir AS yang mendapat pasokan produk yang ... Baca halaman selanjutnya