Indonesia Bisa Raup Untung dari Perang Dagang AS-China

"Dengan perang tersebut beberapa perusahaan manufaktur Negeri Tirai Bambu yang ingin memindahkan basis produksinya ke Indonesia"
Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto (Kemenperin)

EKONOMI, KLIKPOSITIF -- Kementerian Perindustrian menilai Indonesia bisa meraup untung dari perang dagang Amerika Serikat dan China. Perang dagang tersebut bisa menciptakan peluang baru bagi industri tanah air.

Hal itu diungkapkan oleh Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto. Ia mengatakan bahwa dengan perang tersebut beberapa perusahaan manufaktur Negeri Tirai Bambu yang ingin memindahkan basis produksinya ke Indonesia.

Hal tersebut dilakukan agar China bisa menghindari tarif tinggi yang dikenakan oleh pemerintah Amerika Serikat.

"Beberapa industri tekstil dan alas kaki global sedang mempertimbangkan pemindahan pabrik dari China ke Indonesia," katanya.

Dengan kondisi demikian, Airlangga menyebut bahwa pihaknya terus mendorong peningkatan investasi, terutama di sektor yang menjadi prioritas dalam penerapan industri 4.0 sesuai peta jalan Making Indonesia 4.0. Industri tekstil dan pakaian jadi, menjadi salah satu sektornya.

Rencananya, pada tahun 2019, ada investor China yang bakal menanamkan modalnya sebesar Rp10 triliun di sektor industri tekstil.

Investasi ini mengarah kepada pengembangan sektor menengah atau midstream, seperti bidang pemintalan, penenunan, pencelupan, dan pencetakan.

Hal tersebut menunjukkan bahwa Indonesia dinilai menjadi salah satu negara tujuan utama bagi investor China.

Bagi dia, ini seiring pula dengan komitmen pemerintah yang terus menciptakan iklim investasi kondusif dan memberikan kemudahan dalam proses perizinan usaha.

"Salah satu contohnya, para investor dari China membangun kawasan industri baru di Sulawesi Tengah, yang selama lima tahun ini telah berinvestasi sebanyak USD5 miliar dan ekspor dari lokasi tersebut sudah mencapai USD4 miliar," paparnya.

Menurut Menperin, selain ada penambahan investasi baru, perang dagang AS-China juga membawa dampak bagi pelaku industri di Indonesia untuk memacu utilitas atau kapasitas produksinya dalam ... Baca halaman selanjutnya