Menteri Koperasi dan UKM Minta Pemkab Limapuluh Kota Pertajam Kualitas Koperasi

"Hal itu diungkapkannya seiring dengan menurunnya jumlah koperasi"
Pertemuan Menteri Koperasi dan UKM dengan Bupati Limapuluh Kota (KLIKPOSITIF/Taufik Hidayat Kampai)

LIMAPULUH KOTA, KLIKPOSITIF -- Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Indonesia, Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga meminta Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota untuk mempertajam kualitas koperasi yang ada di daerah itu.

Hal itu diungkapkannya seiring dengan menurunnya jumlah koperasi di Indonesia dalam beberapa tahun belakangan. Menurut catatan, dari 212 ribu koperasi yang ada kini turun jadi 138 ribu saja.

Dengan penurunan tersebut, ia menyebutkan agar pemerintah tidak perlu membuat koperasi dengan jumlah yang banyak, namun cukup dengan meningkatkan kualitas koperasi yang telah ada.

"Pelihara yang bagus-bagus, tingkatkan kualitas. Jadi arahnya sekarang ke kualitas bukan kuantitas," katanya secara langsung pada Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi.

Ia menjelaskan, dalam beberapa tahun terakhir ini Produk Domestik Bruto (PDB) koperasi Indonesia terus mengalami peningkatan.

Berdasarkan data terakhir Kementerian Koperasi dan UKM PDB koperasi di Indonesia berada di angka 4,48 persen. Angka tersebut meningkat jauh dibandingkan 2014 di mana PDB koperasi bari 1,71 persen.

"Kita punya program reformasi total koperasi. Jadi koperasi itu yang penting kualitas, buat apa banyak-banyak koperasi kalau tidak berkualitas. Tujuannya untuk meningkatkan PDB koperasi," paparnya.

Menanggapi pernyataan demikian, Irfendi juga mengakui bahwa saat ini perkembangan koperasi Limapuluh Kota kurang bagus. Hal itu ditandai dengan jumlah koperasi yang mencapai 129 koperasi aktif, namun tidak semuanya memiliki kondisi keuangan yang sehat.

"Kita dalam tahap evaluasi terhadap koperasi-koperasi yang ada di daerah kita ini," sebut Irfendi.

Untuk memastikan seluruh koperasi yang ada tersebut bisa berjalan dengan baik, Pemko Limapuluh Kota berupaya untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di masing-masing koperasi.

"Kalau SDM berkualitas tentu koperasinya baik. Tujuan kita bagaimana ... Baca halaman selanjutnya