Berikan Peluang Akses Permodalan, Bekraf Lakukan Hal Ini Bagi UKM Kreatif di Kota Padang

"Bekraf menyadari Usaha Kecil Menengah (UKM) Kreatif membutuhkan pengetahuan terkait sumber pembiayaan perbankan dan cara mengakses pembiayaan tersebut untuk mengembangkan usaha mereka."
BE KRAF gelar kelas keuangan bagi UKM di Sumbar (KLIKPOSITIF/ Joni Abdul Kasir)

PADANG, KLIKPOSITIF - Deputi Akses Permodalan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) menyadari tidak semua pelaku usaha ekonomi kreatif di Indonesia bisa mengakses permodalan perbankan konvensional sekaligus mengelola keuangan usaha. Termasuk di Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar). 

Untuk itu, Bekraf mengadakan pelatihan permodalan perencanaan bisnis serta pengelolaan keuangan terkait akses perbankan kepada 100 pelaku ekonomi kreatif di Padang, Rabu, 6 Maret 2019 di The Axana Hotel, jalan Bundo Kanduang, Kota Padang, Sumatera Barat. 

Direktur Akses Non Perbankan Bekraf, Syaifullah melalui Kasubdit Perbankan Konvensional Bekraf, Dedy Andriansyah menyampaikan, pengelolaan dan tata kelola keuangan usaha mempengaruhi perkembangan usaha pelaku ekonomi kreatif. 

"Kami menyadari Usaha Kecil Menengah (UKM) membutuhkan pengetahuan terkait sumber pembiayaan perbankan dan cara mengakses pembiayaan tersebut untuk mengembangkan usaha. Acara ini adalah upaya kami memenuhi kebutuhan permodalan mereka dalam mengembangkan usaha sekaligus membantu mereka scaling up,” ujarnya.

Menurut Dedy, pelaku ekonomi kreatif akan berkembang dengan tata kelola keuangan yang baik. Mereka harus bisa memisahkan keuangan usaha dengan keuangan pribadi. Kemudian dengan modal meraka akan bisa menghasilkan produk sesuai standar pasar.

"Satu hari ini 100 pelaku ekonomi kreatif Padang belajar memahami prinsip pembiayaan dan persyaratan yang perlu dipenuhi untuk mengakses pembiayaan perbankan," katanya. 

Dari kegiatan itu dia berharap pelaku ekonomi kreatif di Kota Padang dapat mengajukan proposal pembiayaan ke perbankan untuk mengembangkan usaha mereka. "Kami berharap ada nilai positif kegiatan ini bagi pelaku ekonomi kreatif," harapnya. 

Sementara itu, Sekretaris Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumatera Barat Yusrizal Can  mengatakan, akses modal mempengaruhi produksi sehingga ... Baca halaman selanjutnya