Riza Falepi: Pelaku UMKM Harus Bermental Kuat

"Pelaku (UMKM) dituntut untuk memiliki pola pikir sebagai pengusaha bermental kuat."
Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi saat menghadiri Bimtek UMKM. (Ist)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF -- Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi mengingatkan para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di daerahnya untuk memiliki pola pikir sebagai pengusaha bermental kuat.

"Jika mind setnya tidak kuat, maka usaha apapun yang dijalankan tidak akan berhasil," kata Riza Falepi saat menghadiri bimbingan teknis pengembangan promosi produk kreatif yang dilaksanakan Dinas pariwisata pemuda dan olahraga kota payakumbuh bersama Badan Ekonomi Kreatif indonesia (Be Kraft) di Balroom Hotel Kolivera, Kelurahan Sicincin Kecamatan Payakumbuh Timur, Rabu (13/3).

Dalam kegiatan yang dihadiri oleh 150 pelaku UMKM di Kota Batiah itu, Riza meminta kepada Be Kraft untuk rutin memberikan bimbingan teknis agar pengusaha UMKM di daerah tersebut terus bisa terus berkembang.

"Kegian seperti ini tentunya dapat membantu para pengusaha UMKM Kota Payakumbuh dalam hal solusi branding,promosi dan publikasi," katanya.

Sementara itu, Henny Riza falepi mengatakan dalam promosi produk, pertama yang harus diperhatikan adalah brand dan packaging yang menarik.

"Jika packaging sudah menarik, akan ada keinginan konsumen untuk membeli," ujar Henny

Henny menambahkan harus adanya harga promosi yang bisa menarik pelanggan. Karena hal itu adalah bagian dari promosi yang sangat utama sekali.

"UMKM yang bergerak di bidang kuliner juga harus disedikan tester (makanan untuk dicoba pelanggan)," terangnya.

Perwakilan dari Be Kraft Indonesia, Islamudin R Raka mengatakan untuk tahun ini Payakumbuh merupakan kota ke-5 yang dikunjungi untuk bimbingan teknis. Target yang diinginkan adalah pengembangan promosinya produk UMKM di daerah tersebut.

Selanjutnya tiga hal yang harus diutamakan dalam pengembangan UMKM adalah strategi branding,promosi, dan publikasi. Tujuan utama Be kraft adalah mengonlinekan pemasaran dan berkerjasama dengan E-commerce dan tahap akhir adalah evaluasi dalam pengembangan ... Baca halaman selanjutnya