Perlukah Resolusi Keuangan Setelah Berkeluarga?

"Dana yang Anda siapkan untuk anak-anak Anda pasti akan lebih terjamin"
Ilustrasi (Pixabay)

KLIKPOSITIF - Demi kehidupan ekonomi yang lebih baik dari tahun sebelumnya, Anda perlu merencanakan keuangan sejak dini. Dengan perencanaan yang baik, pasti manajemen keuangan Anda akan lebih baik juga. Dana yang Anda siapkan untuk anak-anak Anda pasti akan lebih terjamin dan lebih siap dalam menyiapkan pendidikan yang terbaik bagi anak-anak Anda, termasuk kebutuhan yang diperlukan bagi mereka.

Satu hal lagi yang bisa Anda ambil sebagai keuntungan dari perencanaan yang baik, yakni dana darurat yang terjaga. Kita pastinya sudah mengetahui bahwa roda kehidupan selalu berputar. Ada kalanya Anda berjaya dan ada kalanya Anda terpuruk dalam kesempitan.

Oleh karena itu, ada baiknya Anda mempersiapkan tabungan untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk yang akan menimpa Anda di masa mendatang. Finacial Planner Budi Rahardjo memeparkan, ada bberapa hal yang layak Anda jadikan resolusi keuangan dari tahun sebelumnya untuk mendukung perencanaan keuangan yang lebih baik.

1. Memiliki Catatan Keuangan
Mulai membuat catatan keuangan sederhana agar Anda bisa memahami apakah pengeluaran Anda sudah sesuai dengan keinginan dan kebutuhan baik di masa kini maupun masa yang akan datang.

2. Mengurangi Pengeluaran
Membangun masa depan dimulai dengan memiliki surplus atau sisa penghasilan yang dapat disisihkan untuk masa depan. Jika saat ini Anda sulit untuk menabung, coba dengan membuat komitmen menyisihkan uang sebelum dibelanjakan.

3. Mengurangi Utang
Utang selalu dikaitkan dengan biaya bunga, semakin sedikit utang semakin sedikit bunga yang dikeluarkan. Jika Anda saat ini masih memiliki utang (apalagi yang sifatnya konsumtif). Mengurangi utang atau bahkan bebas utang dapat menjadi sasaran utama resolusi keuangan saat ini.

4. Menyiapkan Dana Darurat
Dana darurat : tabungan yang disediakan khusus untuk mengantisispasi pengeluaran tak terduga. Nilainya minimal 3 bulan pengeluaran dan maksimal 6 bulan ... Baca halaman selanjutnya