Ikan Cupang Naik Daun Lagi, Berapa Harganya?

"Ikan cupang di sini modelnya banyak yang baru-baru dari empat jenis bisa dikawin silang jadi corak yang baru, harganya tergantung warna ikan sama coraknya"
Deretan ikan cupang di sentra promosi ikan hias Slipi, Palmerah, Jakarta Barat (Suara.com)

KLIKPOSITIF -- Berkunjung ke sentra promosi ikan hias Slipi, Palmerah, Jakarta Barat merupakan surganya pecinta ikan hias air tawar jenis cupang. Berbagai ikan cupang mulai dari lokal dan luar negeri dijual di tempat ini.

Bila masuk ke lantai pertama terlihat berjejer puluhan ikan hias yang dipajang menggunakan aquarium kaca kecil mulai ikan cupang hias hingga cupang untuk kontes.

Berbagai jenis ikan cupang tersusun rapi berdasarkan jenisnya. Seperti di rak pertama terlihat ikan jenis halfmoon tersusun rapi dan rak kedua berjejer ikan cupang jenis serit.

Petugas pengelola sentra ikan hias Slipi, Marzuki (53) menjelaskan, jenis ikan yang dijual ada empat macam seperti halfmoon, plakat, double tail dan serit. Harga yang ditawarkan bervariasi mulai dari Rp 50 ribu sampai Rp 200 ribu.

"Ikan cupang di sini modelnya banyak yang baru-baru dari empat jenis bisa dikawin silang jadi corak yang baru, harganya tergantung warna ikan sama coraknya," ujar Marzuki saat ditemui Suara.com jaringan Klikpositif.com.

Warna favorit ikan cupang yang paling banyak dicari kombinasi emerand seperti kuning, biru dan merah. Menurutnya pengunjung yang datang lebih suka dengan model ikan baru hasil dari kawin silang dari jenis yang sama.

Seperti ikan cupang jenis plakat blue rim menjadi incaran paling banyak pembeli. Dengan didominasi warna putih di badan dan warna biru pada sirip bisa bandrol dengan harga Rp 200 ribu.

Meskipun jenis ikannya lama, namun corak warna yang baru membuat pengunjung tertarik untuk membeli. Selain itu hasil budidaya ikan di sentra ini mulai dilirik hingga keluar kota.

"Warna tergantung bibitnya bagus atau tidak, kalau bibitnya bagus warnanya jadi bagus juga harga jualnya jadi tinggi," tambahnya.

Sentra promosi ikan hias Slipi ini buka setiap hari mulai dari pukul 08.00 - 17.00 WIB. Biasanya ramai dikunjungi setiap hari Sabtu, Minggu dan libur nasional.

Pengunjung bisa ... Baca halaman selanjutnya