Perang Dagang AS-Cina Alihkan Rute Arus Impor AS

"keputusan Trump menaikkan tarif 10 hingga 25 persen pada sekitar $ 250 miliar barang-barang Cina telah mengguncang pengecer dan produsen AS"
Secara keseluruhan impor AS untuk pengiriman peti kemas dari China turun 6,4 persen selama kuartal pertama (Tempo.co)

KLIKPOSITIF - Perang dagang Presiden Donald Trump dengan Cina membuat perusahaan-perusahaan AS mengalihkan pembelian produk-produk yang ditargetkan tarif seperti furnitur, lemari es dan ban mobil ke negara-negara seperti Vietnam, Korea Selatan, Taiwan dan Meksiko.

Berdasarkan sebuah analisis yang baru dirilisa Rabu (10/4), keputusan Trump menaikkan tarif 10 hingga 25 persen pada sekitar $ 250 miliar barang-barang Cina telah mengguncang pengecer dan produsen AS, yang berebut untuk menghindari potensi kenaikan biaya.

"Secara keseluruhan impor AS untuk pengiriman peti kemas dari China turun 6,4 persen selama kuartal pertama karena pembeli mengurangi stok produk menjelang kenaikan tarif dan mengalihkan pesanan ke negara-negara berbiaya lebih rendah," kata perusahaan data perdagangan S&P Global Market Intelligence Panjiva dalam laporan tersebut.

Impor furnitur buatan China oleh pengecer seperti IKEA, Home Depot, Target Corp dan Room to Go turun 13,5 persen pada kuartal pertama. "Itu sebagian diimbangi oleh kenaikan pengiriman 37,2 persen dari Vietnam dan peningkatan impor 19,3 persen dari Taiwan," kata Panjiva.

Perubahan itu juga memengaruhi peralatan rumah tangga. Impor lemari es Cina turun 24,1 persen selama kuartal tersebut, ketika pengiriman dari Korea Selatan dan Meksiko masing-masing melonjak 31,8 persen dan 32 persen.

"Faktor utama dalam pergeseran itu adalah penataan ulang dalam rantai pasokan oleh Samsung Electronics dan LG Electronics," kata Panjiva dalam laporan itu.

Industri otomotif juga telah memikirkan kembali rute perdagangan. Impor ban dari China merosot 28,6 persen selama tiga bulan pertama tahun ini. Pada saat yang sama, pelabuhan laut AS menyaksikan lonjakan 141,7 dalam produk dari Vietnam dan peningkatan 11,1 persen dalam pengiriman ban dari Korea Selatan. "Hankook Tire dan Nexen adalah di antara pemasok yang mengambil bisnis baru," kata ... Baca halaman selanjutnya