Studi: Anak-Anak Generasi Sandwich Merasakan Ketegangan Finansial

"Merawat orang tua yang lanjut usia itu mahal"
lebih dari sepertiga orang tua dengan anak berusia 8 hingga 14 tahun juga merawat anggota keluarga yang lanjut usia. (Pixabay)

KLIKPOSITIF - Tidak mengherankan bahwa orang tua yang terjebak di tengah generasi sandwich merasa stres dan tegang secara finansial. Namun, yang mengejutkan adalah dampak dinamika keluarga ini terhadap anak-anak.

Generasi sandwich adalah istilah yang digunakan ketika orang tua merawat anak-anak mereka dan orang tua mereka yang lanjut usia. Menurut T. Rowe Price 2019 Parents, Kids & Money Survey, lebih dari sepertiga orang tua dengan anak berusia 8 hingga 14 tahun juga merawat anggota keluarga yang lanjut usia. Dari mereka, 68% melaporkan bahwa orang tua atau saudara mereka yang lanjut usia tinggal bersama mereka.

Orang dapat membayangkan (atau sedang mengalami) tantangan unik dari peran pengasuh ganda ini. Bukan hanya tekanan emosional, tetapi tekanan finansial bisa sangat besar. Merawat orang tua yang lanjut usia itu mahal. Hampir sepertiga pengasuh ganda menghabiskan $ 3.000 atau lebih sebulan untuk merawat orang tua atau saudara yang lanjut usia. Banyak pengasuh ini harus menggunakan kartu kredit atau pensiun mereka sendiri dan tabungan kuliah untuk mendukung mereka.

Namun, orang tua bukan satu-satunya yang merasakan tekanan finansial dari generasi sandwich. Stres mereka mengalir ke anak-anak dan memiliki dampak keuangan jangka panjang yang negatif.

Dilansir dari laman Forbes, anak-anak dari pengasuh ganda lebih cenderung menghabiskan uang mereka dengan cepat. Anak-anak dari orang tua yang merawat anggota keluarga yang sudah tua lebih cenderung setuju dengan pernyataan (70% vs 49%), “Saya suka menghabiskan uang dengan sangat cepat seperti yang saya dapatkan," katanya.

Anak-anak dari pengasuh ganda diberikan uang tanpa panduan: Penjaga ganda lebih mungkin (62% vs 15%) untuk mengatakan bahwa mereka tidak tahu apa yang anak-anak mereka gunakan untuk uang saku dan memiliki anak-anak yang langsung menghabiskan uang saku mereka (77% vs 41%).

Menurut Stuart Ritter, perencana keuangan ... Baca halaman selanjutnya