Juara Teknologi Asia Unggul di Bidang Street Banking

"Negara-negara Asia lainnya akan menyetujui bank-bank online termasuk Taiwan"
Di Korea Selatan, pihak berwenang telah mengeluarkan dua lisensi bank online, salah satunya ke Kakao Bank pada tahun 2017 (The Korea Times)

KLIKPOSITF - Perusahaan internet Asia menantang bank-bank tradisional di kawasan ini untuk keuangan konsumen, memanfaatkan jaringan pengguna mereka yang besar untuk bisnis dan mengikuti jejak yang menyala-nyala di China oleh raksasa teknologi Alibaba dan Tencent.

Dorongan ke perbankan oleh perusahaan-perusahaan yang lebih dikenal dengan aplikasi perpesanan mereka, emoji imut dan pemesanan liburan online datang ketika regulator di seluruh Asia membuka sektor perbankan mereka kepada generasi baru pemain digital.

Pergeseran ini masih dalam masa pertumbuhan tetapi sangat kontras dengan pasar perbankan di Eropa dan Amerika Utara, di mana perubahan lebih lambat dan startup seperti itu cenderung didukung oleh dana modal ventura dan pemain lama sektor keuangan, bukan perusahaan teknologi.

Peserta teknologi Asia melihat keuntungan yakni mengintegrasikan layanan perbankan dengan aktivitas online reguler pengguna mereka dan efisiensi yang berasal dari teknologi mereka.

"Jika Anda ingin membuka rekening bank (di Hong Kong) Anda harus pergi ke cabang, menjawab pertanyaan selama satu jam, dan Anda masih tidak akan membuka rekening tanpa menindaklanjuti panggilan. Namun, semua informasi yang dibutuhkan di konter sudah dapat dikumpulkan di ponsel," kata Wayne Xu, presiden dari ZhongAn International, sebuah unit perusahaan asuransi online Cina ZhongAn, mendirikan bank virtual.

Regulator perbankan Hong Kong bulan lalu mengeluarkan satu dari empat yang disebut lisensi perbankan virtual untuk ZhongAn dalam apa yang bisa menjadi perombakan terbesar dalam beberapa tahun di sebuah kota yang didominasi oleh HSBC dan Standard Chartered. Pekan lalu, regulator mengatakan sedang membuat kemajuan pada empat aplikasi tambahan.

Di Korea Selatan, pihak berwenang telah mengeluarkan dua lisensi bank online, salah satunya ke Kakao Bank pada tahun 2017, yang dioperasikan oleh perusahaan di balik aplikasi chat terbesar di negara ... Baca halaman selanjutnya