Harga Emas Stabil Jelang Pemilu, Ramadan Diprediksi Naik

"Saat ini harga masih stabil seperti beberapa minggu belakangan. Emas seberat 2,5 gram masih dalam kisaran harga Rp 1.440.000"
Ilustrasi (net)

PARIAMAN, KLIKPOSITIF -- Dua hari menjelang Pemilihan Umum tahun ini, harga emas masih dalam kondisi stabil.

Dari pantauan Klikpositif, Senin 15 April 2019  di lokasi perdagangan emas Pasar Kota Pariaman, beberapa pedagang yang ditemui mengatakan harga emas masih stabil.

"Saat ini harga masih stabil seperti beberapa minggu belakangan. Emas seberat 2,5 gram masih dalam kisaran harga Rp 1.440.000," ungkap Ikrar. Datuak Bandaro, Senin 15 April 2019 di kedainya.

Dia menjelaskan, untuk beberapa minggu belakangan harga emas stabil dalam berat gram. Namun emas karat dengan kadar 70 atau 40 persen, kalau dibandingkan bulan lalu ada penurunan harga, yaitu dalam selisih Rp 30. 000.

"Iya,  harga dalam satuan gram masih sama. Namun emas kadar 70 persen kini seharga Rp410. 000, sedangngkan emas dengan kadar 40 seharga Rp 250.000," jelasnya.

Para pedagang emas tersebut mengaku tidak bisa memprediksi mengenai perubaha harga emas.

Seperti yang diutarakan Zainal, salah satu pedagang emas di Pasar Kota Pariaman. Dia mengatakan harga emas dunia sifatnya tak menentu.

"Entahlah, entah kapan harga emas naik atau turun. Saya tidak bisa memprediksinya. Namun biasanya, saat memasuki bulan Ramadan harga pasti naik," kata Zainal.

Meskipun demikian, Zainal memprediksi jika harga akan naik saat memasuki bulan Ramadhan. "Saat memasuki bulan Ramadan baru harga emas naik sebab kebutuhan masyarakat serentak naik," ungkapnya.

(Rehasa)