Antam Turun, Harga Emas di Pasar Kota Pariaman Tetap Bertahan

Ilustrasi
Ilustrasi (net)

PARIAMAN, KLIKPOSITIF -- Meski harga jual emas  PT Aneka Tambang Tbk (Antam) pada Kamis 18 April 2019 untuk ukuran satu gram mengalami penurunan, pedagang emas di Pasar Kota Pariaman sepakat menahan harga sambil menunggu harga melonjak tajam. Saat ini harga emas di Pasar Kota Pariaman mencapai harga tertinggi dibandingkan sebelumnya.

Diketahui, per satu gram emas antam dibanderol Rp656.000. Harga jual tersebut terpantau turun Rp1.500 dibandingkan dengan harga pada Selasa 14 April 2019.

baca juga: PAD Kota Pariaman Capai Rp36 Miliar dari Rp42 Miliar yang Ditargetkan

Salah satu penjual emas Pasar Kota Pariaman , Rafdi menuturkan bahwa patokan harga emas di pasar memang mengacu pada harga Antam. Namun para penjual baru bisa menaikan atau menurunkan harga jika perbandingan nilai naik dan turun selisih Rp20. 000.

"Kalau selisih naik dan turun harga emas Antam cuma belasan ribu kami tetap bertahan dari harga sebelumnya," kata Rafki, Kamis 18 April 2019.

baca juga: Polisi Tangkap Pengedar Sabu di Pariaman

Dikatakannya juga, perihal yang sangat berpengaruh terkait kenaikan harga, jika harga emas Antam naik Rp20. 000 di Pasar Pariaman harga emas naik secara bervariasi.

"Ya variasinya sekitar Rp10.000-15. 000 untuk ukuran gram. Soalnya kalau sedikit nilai variasi, pelanggan akan bingung," jelasnya.

baca juga: Kabar Baik dari Pariaman, Satu Pasien COVID-19 Dinyatakan Sembuh

Sementara itu, Datuak Bandario, pedagang emas lainnya yang KLIKPOSITIF temui di Pasar Pariaman mengatakan perihal yang sama. Harga masih sama dari seminggu belakangan.

"Harga masih sama dengan harga kemarin kemarin. Belum ada kenaikan atau penurunan meski harga Antam katanya ada penurunan," kata Datuak Bandaro.

baca juga: Pemko Pariaman Ajak Pengusaha Hotel Ikut Tangani Pandemic Covid-19

Dikatakannya juga, harga emas di Pasar Pariaman tersebut sekarang ini merupakan harga tertinggi. "Kan pertimbangan kami juga mengarah pada pembeli. Saat harga emas tinggi ini jika tiba-tiba ada penurunan maka pembeli merasa rugilah, " jelasnya.

Dia mengatakan, saat ini harga masih stabil seperti beberapa minggu belakangan. Emas seberat 2,5 gram masih dalam kisaran harga Rp 1.440.000.

Dikatakannya juga, berbeda dengan emas karat dengan kadar 70 atau 40 persen, kalau dibandingkan bulan lalu ada penurunan harga, yaitu dalam selisih Rp30. 000.

"Iya,  harga dalam satuan gram masih sama. Namun emas kadar 70 persen kini seharga Rp410. 000, sedangngkan emas dengan kadar 40 seharga Rp 250.000," ucapnya.

(Rehas) 
 

Penulis: Rezka Delpiera