Saham Nintendo Melonjak 13 Persen Setelah Persetujuan Penjualan di Cina

"Hal itu merupakan persentase kenaikan terbesar sejak Juli 2016"
Saham Nintendo melonjak 13 persen pada awal perdagangan di Tokyo, Jumat, 19 April 2019. (Pixabay)

KLIKPOSITIF - Saham Nintendo melonjak 13 persen pada awal perdagangan di Tokyo, Jumat, 19 April 2019. Hal itu terjadi setelah China Tencent memenangkan persetujuan kunci untuk mulai menjual konsol Switch Nintendo di China yang pasar permainan terbesar di dunia.

Hal itu merupakan persentase kenaikan terbesar sejak Juli 2016, ketika antusiasme untuk game mobile Pokemon Go membuat saham Nintendo meroket. Saham Nintendo yang terdaftar di AS naik 12 persen semalam setelah provinsi China di Guangdong menyetujui Tencent untuk mendistribusikan konsol Switch dengan versi uji dari game "New Super Mario Bros. U Deluxe".

Dilansir dari laman reuters, pembuat game yang berbasis di Kyoto telah dihambat oleh peraturan Jepang dan mencari mitra dalam upayanya membawa konsol Switch portabel-rumah hybrid-nya ke China, menahan pengembangan game konsol di sana.

Saham Nintendo terjual habis menjelang akhir tahun lalu karena kekhawatiran tentang kelemahan dalam pipa Switch game-nya. Laporan media mengatakan Nintendo akan meluncurkan versi Switch harga murah membantu meningkatkan sentimen dalam beberapa pekan terakhir.

Masih belum jelas kapan konsol ini akan dijual di Cina, dengan game-game perlu menghapus proses persetujuan yang terpisah. Pemimpin industri game China Tencent sedang berusaha untuk pulih dari pembekuan persetujuan video game yang panjang di China tahun lalu.