Boros Bukan Lagi Ancaman, Ini Dia 5 Mengatur Keuangan di Masa Muda

"Bagi kawula muda yang sudah mulai bekerja, penting bagi kamu untuk membuat anggaran keuangan agar terorganisir setiap pengeluaran."
Ilustrasi (Ist)

KLIKPOSITIF -- Bagi kawula muda, di umur mereka yang saat ini adalah waktunya mereka untuk bersenang-senang dengan pacar maupun teman. Mereka sedang mencari eksistensi diri dihadapan lingkungan sekitarnya.  Mulai dari hangout ke tempat-tempat kece sampai liburan ke dalam dan luar negeri. Tapi, tanpa disadari sifat-sifat seperti itu membuat kamu semakin boros. Karena uang kamu sering banget keluar untuk hal-hal yang kurang penting.

Di Jakarta sendiri, tempat-tempat hangout kini menjadi lebih bagus dan menjadi destinasi untuk para anak muda. Selain pengaruh diri sendiri, pengaruh lingkungan dapat mempengaruhi seseorang menjadi boros, jadi ada baiknya ketika kita ingin berteman hendaknya memilih mana teman yang baik dan tidak boros.

Nah, bagi  kalian yang  ada keinginan untuk berhemat tapi bingung caranya. Kita punya tips buat kalian yang ingin atau sedang belajar jadi orang yang hemat, diantaranya adalah:

1.      Membuat Anggaran Keuangan

Bagi kawula muda yang sudah mulai bekerja, penting bagi kamu untuk membuat anggaran keuangan agar terorganisir setiap pengeluaran dan pemasukan kamu. Pembuatan anggaran adalah langkah awal yang penting untuk terhindar dari boros. Selain itu agar kamu juga terhindar dari utang, biaya tak terduga, dan lain-lain.

2.      Membuat Catatan Keuangan

Membuat catatan keuangan dengan menuliskan pengeluaran sehari-hari yang tidak tetap atau tidak terduga. Selain itu, kamu jugajangan lupa untuk mencatat pemasukannya juga, agar ketika akhir bulan kamu bisa mengevaluasi apakah pengeluaran kamu lebih besar dari pemasukan atau tidak. Apabila lebih besar, kamu harus cari alternatif lain supaya pengeluaran tidak lebih mahal dari pemasukan.

3.      Cicilan

Apabila kamu ingin membeli sesuatu lebih baik kamu mencicil atau bisa ... Baca halaman selanjutnya