Boros Bukan Lagi Ancaman, Ini Dia 5 Mengatur Keuangan di Masa Muda

Ilustrasi
Ilustrasi (Ist)

KLIKPOSITIF -- Bagi kawula muda, di umur mereka yang saat ini adalah waktunya mereka untuk bersenang-senang dengan pacar maupun teman. Mereka sedang mencari eksistensi diri dihadapan lingkungan sekitarnya.  Mulai dari hangout ke tempat-tempat kece sampai liburan ke dalam dan luar negeri. Tapi, tanpa disadari sifat-sifat seperti itu membuat kamu semakin boros. Karena uang kamu sering banget keluar untuk hal-hal yang kurang penting.

Di Jakarta sendiri, tempat-tempat hangout kini menjadi lebih bagus dan menjadi destinasi untuk para anak muda. Selain pengaruh diri sendiri, pengaruh lingkungan dapat mempengaruhi seseorang menjadi boros, jadi ada baiknya ketika kita ingin berteman hendaknya memilih mana teman yang baik dan tidak boros.

baca juga: Akhir Pekan, Emas Dijual Rp 913 Ribu Per Gram

Nah, bagi  kalian yang  ada keinginan untuk berhemat tapi bingung caranya. Kita punya tips buat kalian yang ingin atau sedang belajar jadi orang yang hemat, diantaranya adalah:

1.      Membuat Anggaran Keuangan

baca juga: Akhir Pekan, Minyak Dunia Naik Hampir 2 Persen

Bagi kawula muda yang sudah mulai bekerja, penting bagi kamu untuk membuat anggaran keuangan agar terorganisir setiap pengeluaran dan pemasukan kamu. Pembuatan anggaran adalah langkah awal yang penting untuk terhindar dari boros. Selain itu agar kamu juga terhindar dari utang, biaya tak terduga, dan lain-lain.

2.      Membuat Catatan Keuangan

baca juga: Emas Dunia Kembali Alami Kenaikan Harga

Membuat catatan keuangan dengan menuliskan pengeluaran sehari-hari yang tidak tetap atau tidak terduga. Selain itu, kamu jugajangan lupa untuk mencatat pemasukannya juga, agar ketika akhir bulan kamu bisa mengevaluasi apakah pengeluaran kamu lebih besar dari pemasukan atau tidak. Apabila lebih besar, kamu harus cari alternatif lain supaya pengeluaran tidak lebih mahal dari pemasukan.

3.      Cicilan

baca juga: Rupiah Masih Menguat di Akhir Pekan

Apabila kamu ingin membeli sesuatu lebih baik kamu mencicil atau bisa menggunakan PayLater dari Traveloka untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan kamu. Karena di PayLater kamu bisa melakukan cicilan online , tentunya hal ini sangat membantu kamu dalam berhemat.

4.      Cek Ulang Kembali  Anggaran Keuangan Kamu

Setelah dalam satu bulan, kamu harus melihat lagi anggaran yang kamu telah buat.  Apabila nanti yang terlalu banyak adalah pengeluaran, maka kamu harus mencari alternatif lain untuk kamu bisa berhemat.

5.      Jika memiliki utang/pinjaman, lunasi terlebih dahulu.

Hal yang harus kamu perhatikan adalah menegndalikan utang tersebut dan berusaha untuk membayarnya tepat waktu. Dengan Pay Later dari Traveloka, kamu tidak perlu khawatir soal utang yang bertumpuk. Karena di PayLater, dalam jangka waktu 1-3 bulan tidak dikenakan bunga. Apabila pembayaran melebihi tiga bulan, maka akan dikenakan biaya. Tapi, biayanya itu akan seminim mungkin.

Nah, gimana menurut kamu? Senang-senang itu boleh, tapi harus ada batasannya juga. Tapi tenang aja dengan Pay Later dari Traveloka, kamu tidak perlu takut menjadi boros, karena di PayLater dari Traveloka memberikan kemudahan pembayaran dan bunga yang minim.

Penulis: Pundi F Akbar