5 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Sebelum Memasang TV Kabel

TV Kabel
TV Kabel (shopback)

KLIKPOSITIF Tertarik berlangganan TV kabel di rumah? TayanganTV yang itu-itu saja memang sering kali membuat sebagian orang merasa bosan dengan stasiunTV atau lembaga penyiarantersebut. Alhasil banyak orang yang tertarik untuk berlangganan TV kabel demi bias mendapatkan tayangan yang berkualitas.

Saat ini telah banyak daftar perusahaan penyedia TV kabel di Indonesia, salah satunya Indihome. Rata-rata perusahan tersebut mempunyai tawaran promo menarik. Namun, sebelum mantap memasang TV kabel, ada baiknya untuk mempertimbangkan beberapa hal terlebih dahulu. Alih-alih inginnya menonton tayangan berkualitas, kamu justru kena jebakan batman. Untuk itu, simak ulasan berikut ini supaya kamu terhindar dari hal yang tak diinginkan.

baca juga: Twitter Tambahkan Fitur Schedule untuk Twitter Web

1.       Mencari informasi mengenai perusahaan penyedia TV kabel

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, saat ini banyak sekali perusahaan penyediaTV kabel yang bias menjadi referensi pilihan kamu. Hampir seluruhnya mempunyai daftar saluran yang lengkap. Akan tetapi, jangan mudah percaya dengan berbagai promo yang ditawarkan oleh penyediaTV kabel.

baca juga: Activision Blizzard Akan Rilis Game Call of Duty Baru

Kamu harus tetap membandingkan kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh masing-masing perusahaan. Pilihlah perusahaan yang sekiranya memberikan keuntungan lebih tanpa bikin kamu buntung. Jika perlu, kamu bias bertanya langsung kepada teman atau pun kerabat yang lebih dulu berlangganan TV kabel di rumah.

2.       Pelajar isyarat dan peraturan yang berlaku

baca juga: Update Catalina Baru, Ada Fitur Battery Health Management

Setelah menentukan perusahaan mana yang kamu pilih, hal selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah mempelajar isyarat dan peraturan yang berlaku. Simak baik-baik informasi yang tertera pada formulir pendaftaran. Biasanya, syarat dan peraturan lengkap berlangganan TV kabel dituliskan dalam formulir tersebut.

Untuk sejumlah perusahaan penyedia TV kabel biasanya memberlakukan system cabut pasang telepon rumah. Jadi, saat seseorang memutuskan untuk berhenti berlanggananTV kabel, telepon rumah yang terhubung dengan kabel provider akan diputus oleh pihak perusahaan. Kalau sudah begini, kamu jadi tidak bias lagi menggunakan telepon rumahmu.

baca juga: Serba Online Selama Pandemi, Kejahatan Mengintai di Jagat Maya

3.       Kenali paket channel dan tariff berlangganan

Perlu kamu ketahui kalau rata-rata jasa layanan TV kabel menyediakan jumlah saluran yang cukup banyak. Bahkan jumlahnya tidak tanggung-tanggung mencapai 300 saluran atau channel. Akan tetapi, pada kenyataannya tak semua saluran punya kualitas gambar yang bagus merata. Seringkali pengguna TV kabel mengeluhkan kualitas sinyal yang buruk sehingga kualitas gambarnya tidak jernih.

Maka dari itu, jangan pernah malu untuk bertanya mengenai saluran dan kualitas sinyal yang ditawarkan oleh perusahaan. Tanyakan pula tentang paket channel dan tarif berlangganannya.

Dengan bertanya terlebih dahulu,  kamu jadi bias mempertimbangkan serta menyesuaikannya dengan kebutuhan. Tipsnya, pilih channel dan saluran yang benar-benar disukai oleh kamu dan keluarga. Jangan sampai salah memilih paket channel karena yang adaTV di rumah jadi tidak ditonton sama sekali.

4.       Kemudahan cara pembayaran

Poin satu ini juga tak kalah penting. Setiap pengguna TV kabel tentu menginginkan system pembayaran yang mudah dan efektik. Misalnya, dapat dibayarkan melalui minimarket, mesin ATM, atau pun melalui mobile banking. Segala kemudahan ini menjadi pertimbangan utama yang harus dipikirkan calon pengguna TV kabel. Jikaperusahaan tidak mampumenyediakan cara pembayaran seperti ini, sebaiknya pilih jasa penyedia TV kabel lainnya yang bias memudahkanmu. Buat yang sudah pakai indihome , kamu bias bayar via Traveloka, loh.

5.       Tarif langganan yang sering berubah-ubah

Buat kamu yang berencana berlangganan TV kabel, penting untuk mengetahui kenaikan tarif yang sewaktu-waktu bias berubah kapan saja. Ya, jangan mudah terlena dengan tawaran promo di awal pemakaian karena sejatinya tariff tersebut akan naik sedikit demi sedikit.

Bahkan, bebera paperusahaan penyedia TV kabel seringkali menaikkan tariff berlangganan tanpa ada pemberitahuan terlebih dahulu. Jadi, berhati-hatilah sebelum memilih jasa penyedia TV kabel.

Itu dia sederet hal yang perlu dipertimbangkan sebelum mantap berlangganan TV kabel. Sebaiknya gali informasi lebih dalam mengenai perusahaan yang akan kamu pilih agar tidak menyesal di kemudian hari.   (*)

Penulis: Pundi F Akbar