Antisipasi Kebutuhan Uang Tunai, Bank Nagari Sawahlunto Siapkan Rp25 Miliar

Ilustrasi
Ilustrasi (net)

SAWAHLUNTO , KLIKPOSITIF -- Antisipasi lonjakan kebutuhan uang tunai menjelang Lebaran Idulfitri 1440 Hijriyah. Bank Nagari Cabang Sawahlunto siapkan uang tunai sebesar Rp25 miliar.

"Perkiraan kita sebesar itu sudah cukup, alokasi uang tunai dengan memperhitungkan kebutuhan dana masyarakat dan dari pengalaman tahun lalu," kata Kepala Cabang Bank Nagari Sawahlunto Fauzan di Sawahlunto , Selasa 14 Mei 2019.

baca juga: Potensi Temuan Vaksin dan Pelonggaran Aturan Berpotensi Dorong Nilai Tukar Rupiah

Fauzan menambahkan, kebutuhan akan uang tunai di masyarakat sudah diantisipasi sejak awal bulan hingga akhir Mei 2019. Hal itu sejalan dengan meningkatnya permintaan dana tunai masyarakat.

"Kebutuhan uang tunai harian meningkat sekitar 80 persen dari hari biasa atau pada kondisi i," ujarnya.

baca juga: 1.600 Sampel Swab Diambil Untuk Pastikan Sawahlunto Bebas COVID-19

Lebih jauh Fauzan menambahkan, dana tunai yang disiapkan itu dengan memperhitungkan akan kebutuhan masyarakat, terutama nasabah koorporasi mengingat masa pembayaran gaji bulan Mei diperkirakan berbarengan dengan pencarian Tunjangan Hari Raya (THR) sekitar akhir Mei," tuturnya.

Dari alokasi Rp25 miliar tersebut, pihaknya memperkirakan Rp15 miliar untuk memenuhi ketersediaan dana di 7 unit mesin ATM dan sisanya untuk penukaran uang baru.

baca juga: Pertahankan Nol Kasus COVID-19, Pemko Sawahlunto Usulkan 500 Sampel Swab Untuk Dites

"Untuk penukaran uang baru sudah bisa dilayani dengan datang ke Kantor Cabang di Pasar Remaja Sawahlunto hingga akhir Mei nanti," ulasnya.(*)

Penulis: Muhammad Haikal