Selama Ramadan, Orang Indonesia Rata-Rata Belanja Rp 1,2 Juta di e-Commerce

"Daya beli masyarakat pada Ramadan selalu meningkat dari tahun ke tahun"
Ilustrasi (KLIKPOSITIF)

KLIKPOSITIF -- Ramadan menjadi bulan penuh berkah termasuk bagi pelaku industri e-commerce.

Pada Ramadan platform e-commerce mencatat kenaikan transaksi 3-5 kali lipat dibanding bulan sebelumnya. ShopBack, platform cashback rewards dan aggerator e-commerce mencatat sebuah penelitian bahwa ada peningkatan transaksi hingga 3 kali lipat yang terjadi pada Ramadan tahun 2018.

Tahun ini ShopBack menerka ada peningkatan jumlah order serta nilai transaksi sebesar 2 kali lipat dibandingkan Ramadan tahun lalu.

Yolanda Margaretha, Head of Business Development, ShopBack Indonesia mengatakan Ramadhan memang selalu menjadi salah satu momentum yang dimanfaatkan para pelaku e-commerce untuk meningkatkan nilai transaksi.

“Daya beli masyarakat pada Ramadan selalu meningkat dari tahun ke tahun. Hal ini pun ditujukan dengan rata-rara belanja masyarakat pada Ramadan tahun lalu yang mencapai Rp1.2 juta, meningkat 74% dibanding tahun sebelumnya,” ujarnya.

Tahun 2019, ShopBack memprediksi nilai rata-rata belanja masyarakat pada Ramadan tidak terlalu mengalami peningkatan yang signifikan dibandingkan tahun sebelumnya.

“Namun, kami optimis, tahun ini jumlah pemesanan serta nilai transaksi di ShopBack bisa naik hingga 2 kali dibandingkan Ramadhan sebelumnya,” lanjut Yolanda seperti dalam rilis yang diterima Suara.com beberapa waktu lalu.

Berdasarkan data Criteo baru-baru ini, penjualan di platform e-commerce mulai menanjak 10 hari menjelang Ramadhan dan berlanjut hingga penghujung Ramadhan. Hal yang sama pun juga tercatat pada data historis ShopBack, dimana transaksi tercatat mulai naik pada 10-11 hari menjelang Ramadan dan puncaknya pada minggu ketiga Ramadhan, dimana masyarakat sudah mulai menerima bonus THR. Sedangkan untuk waktu belanja, pengguna lebih sering berbelanja pada pukul 11.00-15.00.

Terkait pola perilaku belanja online saat Ramadan tahun ini, ShopBack pun baru-baru ... Baca halaman selanjutnya