KNKS Dorong Bank Syariah Bisa Biayai Project Pembangunan Nasional

"Salah satu upaya yang bisa dilakukan, sebutnya adalah dengan merger bank syariah BUMN"
Ilustrasi (Net)

EKONOMI, KLIKPOSITIF -- Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) mendorong bank syariah bisa melakukan pembiayaan project pembangunan nasional. Hal itu merupakan masterplan penguatan keuangan syariah untuk kedepannya.

Direktur Pengembangan Ekonomi Syariah dan Industri Halal KNKS, Afdhal Aliasar mengatakan, kedepan pihaknya menginginkan ada satu bank syariah yang memiliki keuangan yang kuat dari sisi permodalan, sehingga bank syariah bisa ambil bagian dalam mengawal pembangunan nasional.

"Untuk sekarang, masalah pada bank syariah saat ini salah satunya terletak di segi permodalan. Dari sisi itu, modal bank syariah kini memang relatif kecil, dan lewat masterplan yang kami luncurkan, kami menginginkan nanti bank syariah bisa melakukan pembiayaan pembangunan nasional," katanya.

Adapun untuk mewujudkan masterplan tersebut, Afdhal menjelaskan saat ini pihaknya tengah melakukan kajian lebih dalam untuk mendongkrak penguatan keuangan bank syariah.

Salah satu upaya yang bisa dilakukan, sebutnya adalah dengan merger bank syariah BUMN, atau penguatan keuangan tanpa merger. "Penguatan tanpa merger ini maksudnya adalah dengan mendirikan bank syariah yang fokus pada investasi," ujarnya.

"Dengan mendirikan investment bank syariah ini, langkah untuk mengakomodir project besar bisa terwujud dengan menjadi leading korsorsium untuk pengembangan di sektor pembangunan," tutur Afdhal kemudian.

Dengan pola tersebut, Afdhal meyakini bahwa bank syariah bisa menjaga pertumbuhan keuangan seiring dengan pertumbuhan nasional seperti yang ditargetkan oleh pemerintah.

"Sehingga dengan begitu, lembaga keuangan syariah atau bank syariah bisa mendapatkan porsi besar dalam poros perekonomian nasional," pungkasnya.(*)