Pasca Lebaran, Nilai Tukar Rupiah Diprediksi Menguat

"dolar AS masih tertekan karena potensi pemangkasan suku bunga acuan AS."
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF-Pasca libur lebaran, nilai tukar rupiah terhadap dolar diprediksi akan menguat. Dilansir dari Suara.com Kepala Riset Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan dolar AS masih tertekan karena potensi pemangkasan suku bunga acuan AS.

Di sisi lain perang dagang yang belum berakhir masih akan berpotensi menekan rupiah. Kendati demikian, tambah Ariston, momentum peningkatan peringkat utang Indonesia oleh S&P masih mendukung rupiah menguat.

"Rupiah kemungkinan masih berkonsolidasi di kisaran Rp 14.200 - Rp 14.280 hari ini," kata Ariston di Jakarta, Rabu, 12 Juni 2019.

Berdasarkan data Bloomberg, pergerakan rupiah pada Selasa (11/6/2019) berada di level Rp 14.229 per dolar AS. Level itu menguat bila dibandingkan Senin sebelumnya yang berada di level Rp 14.239 per dolar AS.

Sementara itu, berdasarkan kurs tengah Bank Indonesia, rupiah pada Rabu berada di level Rp 14.258 per dolar AS. Posisi itu melemah bila dibandingkan pada Senin sebelumnya yang berada di level Rp 14.231 per dolar AS.