Harga Cabai di Pasar Raya Padang Tidak Stabil, Ini Penjelasan Pedagang

"Untuk harga cabai merah tertinggi sejak libur lebaran mencapai Rp60 ribu per kilogram"
Pedagang cabai merah di Pasar Raya Padang (KLIKPOSITIF/Halbert Caniago)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Pasca libur lebaran, harga beberapa komoditi yang dijual di Pasar Raya Padang tidak stabil. Hal tersebut diketahui karena belum adanya mobil barang yang masuk ke Kota Padang sejak libur lebaran.

"Harga beberapa komoditi yang kami jual saat ini banyak yang tidak stabil seperti cabai, bawang merah dan kentang," ujar salah satu pedagang di Pasar Raya Padang, Beni (45), Kamis 13 Juni 2019.

Harga cabai merah di Pasar Raya Padang diketahui mengalami ketidak stabilan paling parah. "Harga cabai merah saat ini tidak menentu, hari ini saya menjual Rp48 ribu per kilogram, besok kemungkinan berubah lagi," ujarnya.

Untuk harga cabai merah tertinggi sejak libur lebaran mencapai Rp60 ribu per kilogram. "Kalau harga tertinggi setahu saya mencapai Rp60 ribu, tapi itu saat kebanyakan pedagang libur lebaran," lanjutnya.

Harga cabai rawit tidak kalah melonjak pada pekan kedua pasca libur lebaran, cabai yang terkenal pedasnya itu menjangkau harga hingga Rp50 ribu per kilogram.

"Kalau cabai rawit saat ini melonjak parah hingga menyentuh harga Rp50 ribu per kilogram dan itu mulai naik sejak H+4 lebaran lalu," sambungnya.

Bawang merah juga ikut dalam ketidak stabilan harga di Pasar Raya Padang dengan harga Rp30 ribu hingga Rp36 ribu per kilogram. "Selain itu, kentang juga naik harganya sejak lebaran, tapi tidak seperti komoditi lainnya," lanjutnya.

Harga kentang diketahui naik dari Rp10 ribu per kilogram menjadi Rp12 ribu per kilogram. "Ketidak stabilan ini karena banyaknya mobil barang yang belum bisa masuk ke Kota Padang, sehingga barang yang mau dijual tidak terlalu banyak," katanya.

[Halbert Caniago]