Inka Teruskan Upaya Tembus Afrika

"Dalam rangka penjajakan pasar dan pengembangan kerja sama, KBRI Pretoria menjembatani pertemuan PT INKA dengan perusahaan Afrika Selatan Transnet dan operator kereta api PRASA"
(Kemenlu)

KLIKPOSITIF -- Negara-negara Afrika mulai melihat industri perkeretaapian selain sebagai solusi bagi transportasi massal dan sarana pengangkutan barang, juga sebagai medium peningkatan perdagangan intra-Afrika.

Situasi yang ada saat ini membuka peluang bagi industri Indonesia untuk masuk dan berperan serta dalam pembangunan di Afrika. Hal tersebut disampaikan Dubes RI di Pretoria, Salman Al Farisi, menyambut partisipasi BUMN, PT INKA (Persero), pada Pameran "Africa Rail" yang berlangsung di Johannesburg, 19-20 Juni 2019.

Africa Rail adalah pameran perkeretaapian terbesar di Afrika. Pada pameran yang telah memasuki tahun pelaksanaan ke-22 ini, terdapat setidaknya 130 exhibitor dan 6.000 pengunjung termasuk para pembuat keputusan, operator, regulator, dan pejabat pengadaan bidang perkeretaapian dari berbagai negara.

Selain PT. INKA, perusahaan-perusahaan ternama internasional di bidang industri dan komponen perkeretaapian yang turut berpartisipasi pada Africa Rail antara lain CRRC Corporation Limited, Oracle Construction and Engineering, Voith Transnet, GE, Progress Rail, KNORR, dan Luchini. Sedangkan operator termasuk Procurement Team yang hadir antara lain Botswana Railways, DRC, Ghana Railways, TransNamib dan Uganda Railways. Kehadiran PT INKA sebagai upaya penetrasi pasar Afrika yang terbuka luas memasuki the African Continental Free Trade Area (AfCFTA).

Dengan diratifikasinya dokumen AfCFTA oleh setidaknya 22 negara Afrika pada akhir Mei 2019, AfCFTA resmi berlaku di kawasan Afrika. Di bawah Pakta Perdagangan bebas ini, negara-negara Afrika berkomitmen untuk memotong hambatan tarif sebesar 90% pada berbagai jenis barang dengan tujuan meningkatkan perdagangan intra-Afrika. Pada saat yang bersamaan, African Union (AU) sebagai organisasi regional yang membidani AfCFTA, juga mencanangkan Visi AU 2040 untuk program revitalisasi perkeretaapian di Afrika. Melalui Visi 2040, dicanangkan road map sebagai upaya mengatasi ... Baca halaman selanjutnya