Terungkap, Ini Masalah Terbesar Bill Gates dalan Karir

"Kesalahan itu adalah saat Microsoft dikalahkan Google"
Bill Gates (net)

KLIKPOSITIF -- Pendiri perusahaan teknologi Microsoft Bill Gates ternyata tak selamanya memilik karir gemilang hingga menjadi salah satu orang terkaya di dunia. Namun, Bill Gates juga sempat membuat kesalahan dalam hal karir.

Bill Gates membeberkan kesalahannya saat Microsoft kalah dari Google dalam meluncurkan sistem operasi mobile untuk menyaingi Apple iOS.

"Dalam dunia perangkat lunak, terutama untuk platform, ini adalah pasar pemenang semua," kata Gates dalam wawancara baru-baru ini.

"Jadi kesalahan terbesar yang pernah ada adalah kesalahan manajemen apa pun yang saya lakukan yang menyebabkan Microsoft tidak seperti Android".

Selama bertahun-tahun, Microsoft adalah pemimpin dalam industri komputer, mengalahkan Apple, tetapi gagal berkembang cukup cepat di era smartphone.

Microsoft keluar dengan sistem operasi mobile sendiri, yang disebut Windows Mobile, pada tahun 2000. Apple memulai debut iPhone-nya pada tahun 2007, diikuti oleh platform Android Google pada tahun 2008. Cepat jatuh di belakang Apple dan Google.

Bill Gates mengatakan, perusahaannya gagal dalam hal itu menugaskan staf untuk bekerja menciptakan sebuah smartphone.

"Kami tahu ponsel akan sangat populer sehingga kami melakukan apa yang disebut Windows Mobile. Kami merindukan menjadi sistem operasi seluler yang dominan dengan jumlah yang sangat kecil," katanya.

Dalam wawancara itu, Bill Gates juga mengungkapkan kesalahan langkah berpotensi merugikan perusahaan miliaran dolar yang akhirnya pergi ke Google.

Android adalah platform smartphone paling populer di AS. Pada paruh pertama 2018, lebih dari 85 persen dari semua ponsel pintar global yang terjual memiliki sistem operasi Android.

"Aset kami yang lain seperti Windows dan Office masih sangat kuat, jadi kami adalah perusahaan terkemuka. Jika kita benar itu, kita akan menjadi perusahaan terkemuka, tapi oh well," tutup Bill Gates. ... Baca halaman selanjutnya