Harga Cabai di Padang Kian 'Pedas'

"Harga cabai merah mencapai Rp68 ribu perkilogram"
Pedagang cabai merah di Pasar Raya Padang (KLIKPOSITIF/Halbert Caniago)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Harga cabai merah di Pasar Raya Padang kembali melambung pada Rabu 3 Juli 2019. Bahan masakan pedas itu mulai melambung sejak tiga hari belakangan.

Anton (38) salah seorang pedagang di Pasar Raya Padang mengatakan bahwa kenaikan harga itu terjadi secara bertahap setiap harinya.

"Sebelum tiga hari yang lalu harga cabai merah hanya Rp56 ribu per kilogramnya dan naiknya bertahap setiap hari," ujarnya.

Awalnya naik menjadi Rp60 ribu dan naik lagi kemarin Rp65 ribu dan hari ini sudah mencapai Rp68 ribu per kilogramnya.

Kenaikan harga tersebut karena memang stok cabai merah yang berkurang dibanding sebelumnya. "Biasanya saya membeli ke distributor sebanyak 40 kilogram untuk pagi hingga siang dan saat menambahnya itu masih ada, tapi saat ini sudah tidak ada," ujarnya.

Tidak hanya cabai merah, cabai hijau juga mengalami kenaikan hingga mencapai harga Rp40 ribu per kilogramnya.

"Kalau cabai hijau naiknya dari harga Rp24 ribu per kilogram hingga saat ini mencapai angka Rp40 ribu per kilogram," lanjutnya.

Kenaikan harga tersebut juga bertahap layaknya cabai merah. Kenaikan itu terjadi sejak sepekan lalu dari harga Rp24 ribu per kilogram, naik menjadi Rp30 ribu dan kembali naik menjadi Rp35 ribu dan saat ini tetap pada harga Rp40 ribu.

Tidak ketinggalan, cabai rawit juga melonjak sejak pertengahan Juni 2019 lalu dan saat ini mencapai harga Rp68 ribu per kilogramnya.

Meskipun begitu, menurutnya hal tersebut tidak berpengaruh terhadap daya beli masyarakat yang hingga saat ini masih tinggi untuk cabai.

"Masyarakat masih tetap membeli cabai ini karena di sini cabai menjadi campuran yang diminati masyarakat," lanjutnya.

[Halbert Caniago]