Nilai Tukar Rupiah Hari Ini Diprediksi Menguat

"Rupiah berpotensi menguji level support Rp 14.080"
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF-Nilai tukar rupiah terhadap dolar hari ini diprediksi akan menguat.Kepala Riset Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan ada tiga faktor yang mendorong sentimen positif terhadap rupiah.

Dia menjelaskan tiga faktor itu adalah turunnya tingkat imbal hasil obligasi pemerintah AS tenor 10 tahun, data tenaga kerja AS versi pihak swasta ADP dan data ISM sektor jasa AS yang di bawah ekspektasi jadi sentimen positif penguatan rupiah.

Selain itu, ketiga hal tersebut semakin membuka peluang pemangkasan suku bunga acuan Bank Sentral AS di akhir Juli ini. "Rupiah berpotensi menguji level support Rp 14.080, dengan kisaran resistance di Rp 14.170." kata Ariston di Jakarta, Kamis 4 Juli dilansir dari Suara.com.

Berdasarkan data Bloomberg, pergerakan nilai tukar rupiah pada Rabu (3/7/2019) berada di level Rp 14.120 per dolar AS. Level itu menguat bila dibandingkan Selasa sebelumnya yang berada di level Rp 14.139 per dolar AS.

Sementara itu, berdasarkan kurs tengah Bank Indonesia, rupiah pada Rabu berada di level Rp 14.160 per dolar AS. Posisi itu melemah bila dibandingkan pada Selasa sebelumnya yang berada di level Rp 14.117 per dolar AS.