Jelang Akhir Pekan IHSG Diprediksi Tembus ke Level 6.500

"penurunan dari aksi jual kaum beruang akibat volatilitas regional sudah terhenti"
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF - Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) jelang akhir pekan ini diprediksi bakal bergerak di zona hijau setelah kemarin ditutup menguat 0,14 persen ke level 6.403.

Analis KGI Sekuritas, Yuganur Wijanarko melihat rentetan aksi jual telah terhenti, sehingga IHSG bisa melaju dan menembus ke level 6.500.

"Kami melihat bahwa penurunan dari aksi jual kaum beruang akibat volatilitas regional sudah terhenti dan sekarang waktunya kaum banteng mengambil alih untuk memicu kenaikan IHSG kembali menuju resistance psikologis pertama di 6.500," ujar Yuganur dalam riset hariannya, Jumat (19/7/2019).

Dilansir dari laman suara, senada dengan Yuganur, Analis Binaartha Sekuritas Muhammad Nafan Aji Gusta Utama juga memprediksi IHSG bakal bergerak menguat.

Secara teknikal, Nafan melihat, berdasarkan indikator, MACD akan berpeluang membentuk pola dead cross di area positif. Sementara itu, terlihat bahwa Stochastic dan RSI sudah berada di area netral.

Namun, masih terlihat pola upward bar yang mengindikasikan adanya potensi penguatan lanjutan pada pergerakan IHSG sehingga berpeluang menuju ke area resistance.

"Berdasarkan daily pivot dari Bloomberg, support pertama maupun kedua memiliki range pada 6.383 hingga 6.363. Sementara itu, resistance pertama maupun kedua memiliki range level 6.415 hingga 6.427," imbuh Nafan.