Jelang Idul Adha, Juragan Kambing Ini Kebanjiran Pesanan dari Jakarta

"Pesanan dari Jakarta sudah mulai masuk sejak sepekan terakhir"
Seorang pedagang bertransaksi jual beli kambing di Pasar Kambing Desa Karangpucung, Kecamatan Karangpucung, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Minggu (28/7/2019) (Suara.com)

KLIKPOSITIF -- Menjelang Hari Raya Kurban atau Idul Adha, sejumlah juragan kambing di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, mulai kebanjiran pesanan dari Jakarta.

Seorang jugaran kambing asal Desa Sindangbarang, Kecamatan Karangpucung, Kabupaten Cilacap, Satum mengatakan, sejumlah penyetok yang pesan kepadanya berasal dari daerah Duren Sawit, Jakarta Timur.

“Pesanan dari Jakarta sudah mulai masuk sejak sepekan terakhir,” kata Satum kepada Suara.com jaringan Klikpositif.com, Senin (29/7/2019).

Pria berpostur jangkung ini menceritakan, permintaan itu datang dari sejumlah pengepul yang memang sudah langganan kepadanya.

“Per pengepul kemarin minta sekitar 60 ekor pejantan. Katanya sudah butuh,” ujar dia.

Permintaan dari Jakarta dalam jumlah banyak tidak hanya masuk kepada Satum. Sejumlah juragan kambing di Cilacap lainnya juga sudah mendapatkan permintaan serupa dari Ibu Kota.

Menuruti permintaan itu, Satum sudah mulai mencari kambing kurban di Pasar Desa Karangpucung, Kecamatan Karangpucung. Pencarian kambing jantan juga dilakukan dengan mendatangi sejumlah kandang kambing milik petani.

“Rencana mulai hari Jumat besok kirim ke sana (Jakarta),” kata Satum.

Pengurus Pasar Kambing Desa Karangpucung, Rasto mengatakan, kambing kurban dari pasar kambing terbesar di Kabupaten Cilacap itu paling banyak dipasok ke Jakarta. Pengirimannya lazim menggunakan pikap atau truk.

Dalam pengiriman kambing kurban menggunakan pikap biasanya memuat sekitar 60-70 ekor. Sedangkan kapasitas truk sampai memuat ratusan kambing kurban.

“Kambing kurban dari pasar ini, paling banyak dikirim ke Jakarta. Kalau (pengiriman lokal) ya Cilacap, Banyumas dan sekitarnya,” kata Rasto. (*)

Sumber: Suara.com