China Ganggu Sektor Berlian Dunia dengan Hasil Tiruan Murah

" Cina sekarang menghasilkan 56 persen berlian sintetis berkualitas permata dunia"
Cina menghadapi penambang intan dunia, menggunakan teknologi canggih untuk menawarkan tiruan yang semakin murah dan tampak nyata (Asiaone)

KLIKPOSITIF - Cina menghadapi penambang intan dunia, menggunakan teknologi canggih untuk menawarkan tiruan yang semakin murah dan tampak nyata. Hal itu mengancam dan meningkatkan pasar perhiasan yang menguntungkan.

Gangguan teknologi yang terlihat pada obat-obatan, otomotif, perbankan dan banyak sektor lainnya tumpah ke intan, di mana oligopoli hanya empat penambang mengendalikan lebih dari 60 persen produksi, menurut konsultan Bain & Company.

Hal ini terjadi ketika China memanfaatkan pengetahuan yang dikembangkannya untuk menjadi pembuat berlian sintetis terbesar di dunia, terutama di pasar alat pemotong industri.

Dengan melakukan itu, Cina sekarang menghasilkan 56 persen berlian sintetis berkualitas permata dunia, jauh melebihi India yang berada di posisi kedua.

"Sementara berlian sintetis saat ini hanya menyumbang 3,5 persen dari perhiasan berlian dunia, porsinya dapat tumbuh hingga enam persen dalam empat tahun, dan bahkan lebih kemudian," kata Paul Zimnisky, seorang analis sektor berlian independen yang berbasis di New York.

"Dalam beberapa tahun terakhir beberapa produsen Cina telah meningkatkan peralatan yang ada untuk menghasilkan berlian sintetis yang lebih besar dan berkualitas lebih baik untuk digunakan sebagai perhiasan," kata Zimnisky.

"China sudah memiliki infrastruktur yang memungkinkan skalabilitas produksi tinggi untuk berlian sintetis berkualitas tinggi, karena peralatan suhu tinggi bertekanan tinggi saat ini ditingkatkan," tambahnya.

Ini merupakan ancaman serius bagi para penambang berlian dunia. Lima tahun lalu, berlian palsu harganya sekitar 10 persen lebih murah daripada yang asli. "Sekarang diskonnya sekitar 50 persen. Dan dalam lima tahun, bisa jadi 90 persen," jelasnya.

"Teknologi telah berkembang pesat, tidak hanya produsen berlian yang tumbuh di laboratorium mampu menghasilkan batu yang lebih besar, tetapi juga kejernihan dan warna yang lebih baik," ... Baca halaman selanjutnya