Mesin Pinjaman Jack Ma Senilai $ 290 Miliar Ubah Perbankan Cina

"MYbank yang berusia empat tahun dari Ma telah meminjamkan 2 triliun yuan ($ 290 miliar) ke hampir 16 juta perusahaan kecil"
MYbank Jack Ma adalah salah satu perusahaan yang membantu menjadikan China pemimpin dunia dalam penggunaan data besar dan teknologi kecerdasan buatan untuk memberikan pinjaman (Marlene Awaad / Bloomberg)

KLIKPOSITIF - Bank online Jack Ma memimpin revolusi diam-diam dalam cara Cina memberikan pinjaman kepada usaha kecil, dengan membidik kemacetan kredit yang telah menahan ekonomi terbesar di Asia selama beberapa dekade.

Menggunakan data pembayaran real-time dan sistem manajemen risiko yang menganalisis lebih dari 3.000 variabel, MYbank yang berusia empat tahun dari Ma telah meminjamkan 2 triliun yuan ($ 290 miliar) ke hampir 16 juta perusahaan kecil. Peminjam mengajukan permohonan dengan beberapa ketukan pada ponsel cerdas dan menerima uang tunai hampir secara instan jika disetujui. Seluruh proses memakan waktu tiga menit dan melibatkan nol bankir manusia. Tingkat default sejauh ini: sekitar 1%.

Ledakan teknologi finansial yang mengubah Cina menjadi pasar pembayaran elektronik terbesar di dunia kini mengubah cara bank berinteraksi dengan perusahaan yang mendorong sebagian besar pertumbuhan ekonomi negara. Ketika MYbank dan rekan-rekannya mengeruk rim data baru dari sistem pembayaran, media sosial dan sumber-sumber lainnya, mereka tumbuh lebih nyaman dengan peminjam yang lebih kecil yang sebelumnya mereka hindari demi raksasa pemerintah.

Untuk ekonomi China senilai $ 13 triliun, yang meluas dengan laju terlemah sejak setidaknya 1992 pada kuartal terakhir, implikasinya bisa mendalam. Perusahaan-perusahaan non-negara - kebanyakan bisnis kecil - menyumbang sekitar 60% dari pertumbuhan, mempekerjakan 80% pekerja, dan telah diperas secara tidak proporsional oleh tindakan keras pemerintah selama lebih dari dua tahun terhadap pemberi pinjaman bayangan.

"Perusahaan kecil dan menengah benar-benar ruang ketel untuk ekonomi. Dulu segmen yang menurut bank terlalu sulit dan terlalu berisiko. Tapi sekarang mereka menjalankan model mereka dan mencari tahu apa risikonya sehingga mereka merasa lebih nyaman," kata Keith Pogson, mitra senior yang bertanggung jawab atas perbankan dan pasar modal di Ernst & Young LLP di Hong ... Baca halaman selanjutnya