JNE Ajak Pelaku UMKM di Padang Tembus Pasar Nasional dan Internasional

"Angka pertumbuhan UMKM yang tinggi juga berpengaruh pada perkembangan logistik di Kota Padang yang bersumber dari para pelaku UMKM, yaitu mencapai 30 – 40 persen dari total keseluruhan pengiriman JNE Padang"
(net)

KLIKPOSITIF – Kota Padang, Sumatera Barat adalah salah satu daerah yang memiliki pertumbuhan UMKM yang tinggi. Kota yang terkenal dengan kuliner tradisional khasnya ini, juga tercatat memiliki usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) sebanyak 10.211 berdasarkan data Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kota Padang tahun 2018 silam. Dinas Koperasi dan UMKM Kota Padang juga mencatat pertumbuhan omset UMKM tahun 2018 mencapai Rp 300 juta per tahun.

Sebagai bentuk dukungan terhadap pertumbuhan UMKM, JNE menggandeng Kompasiana menggelar JNE Kopiwriting "Mendorong Bisnis Lokal Go Nasional” yang digelar di Suko Kitchen, Kota Padang pada Kamis (8/8/2019). Kegiatan JNE Kopiwriting di Kota Padang ini merupakan kegiatan kedua setelah JNE sukses menggelar Kopiwriting di Kota Bandung pada Juli 2019 lalu dan akan lanjut ke Banjarmasin, Malang, Yogyakarta, dan Cirebon.

“Angka pertumbuhan UMKM yang tinggi juga berpengaruh pada perkembangan logistik di Kota Padang yang bersumber dari para pelaku UMKM, yaitu mencapai 30 – 40 persen dari total keseluruhan pengiriman JNE Padang,” jelas Yusran selaku Branch Manager JNE Padang dalam JNE Kopiwriting Padang (8/8).

Yusran mengungkapkan bahwa jenis barang hasil UMKM yang paling banyak dikirim dari Kota Padang ke luar Sumatera Barat merupakan olahan kuliner, seperti rendang atau dendeng yang merupakan makanan khas Padang. Olahan kuliner memang menjadi produk primadona terutama bagi konsumen dari luar Sumatera Barat.

Khusus di Sumatera Barat, JNE Padang pun memiliki inovasi yang dihadirkan untuk membantu pelaku UMKM untuk berkembang. Langkah tersebut, seperti menerapkan kebijakan satu harga untuk paket kiriman dengan tujuan di dalam kota/ kabupaten yang sama dan antar kota/ kabupaten di Sumatera Barat, yaitu hanya Rp 11.000/kg. Selain itu, JNE Padang juga menyediakan Free Pick Up dan produk layanan atau fasilitas lainnya bagi ... Baca halaman selanjutnya