Minyak Mentah AS Jatuh Dibawah Harga 40 USD per Barel

"Untuk pertama kalinya sejak April. "
Seorang petugas SPBU pompa bahan bakar ke mobil pelanggan di stasiun bensin PetroChina di Beijing, Cina, 21 Maret 2016. (REUTERS / KIM KYUNG-HOON)

JAKARTA, KLIKPOSITIF - Minyak mentah AS jatuh di bawah harga $ 40 per barel di hari Senin (Selasa WIB) untuk pertama kalinya sejak April. Hal ini karena harga minyak menetap hampir 4 persen di tengah kekhawatiran yang meningkat dari kekenyangan mentah meskipun permintaan bahan bakar panas puncak.

Dilansir dari laman reuters, kemerosotan hampir 15 persen harga minyak mentah AS pada Juli menyebabkan kerugian bulanan terbesar dalam setahun serta memicu likuidasi perdagangan yang dimulai Agustus.

"Ini stop-loss selling teknis yang dikombinasikan dengan likuidasi semata-mata oleh orang-orang yang takut dengan harga minyak," kata Phil Davis, pedagang di PSW Investasi di San Diego, California.

US West Texas intermediate (WTI) minyak mentah menyelami $ 39,86, terendah sejak 20 April sebelum menetap di $ 40,06, turun $ 1,54, atau 3,7 persen. Sementara itu, Minyak mentah Brent ditutup turun $ 1,39, atau 3,2 persen, pada $ 42,14 per barel, setelah sesi rendah $ 41,87.