Kisah Sukses Hidup Asril Das:  Semangat Pantang Menyerah di Dunia Politik (5/Habis)

"Asril berobsesi membangun beberapa hotel di Sumbar, selain usaha pengolahan sawit, besi, dan semen."
Asril Das dan istri. (dok. keluarga)

KLIKPOSITIF –  DI BALIK kesuksesannya di dunia bisnis percetakan, penerbitan, toko buku, hingga dunia perhotelan, Asril Das (65), juga pernah berkecimpung dalam dunia politik. Hanya saja, jalannya di pentas politik itu belumlah semulus kesuksesannya di sektor bisnis. Meski begitu tokoh perantau Minang yang memiliki banyak link ke tokoh-tokoh nasional itu tidak mengenal kata menyerah.

Ketua Umum Gebu Minang Jawa Barat itu  pernah "dilamar" untuk menjadi calon bupati Solok, namun batal. Ia juga pernah menjadi Caleg DPR RI pemilihan Sumbar, calon anggota DPD RI dari Jawa Barat 2014, dan Caleg DPR RI dari Jabar 2019.

"Tahun 1999 saya diminta jadi bupati di Solok, waktu itu bisnis saya mulai lagi menanjak naik setelah krismon 1998, proyek saya pembelian buku cukup besar yang butuh penanganan serius. Tahun 2004 kembali diminta oleh dua partai politik, kembali saya tolak dengan alasan yang sama yaitu proyek pembelian buku," ungkap putra Koto Baru, Kabupaten Solok itu.

Dia menceritakan, tahun 2009 dia melamar jadi caleg DPR RI karena proyek pembelian buku dan percetakan mulai surut drastis.  Saat itu dia gagal dengan berbagai alasan.

BACA JUGA: Perjalanan Sukses Hidup Asril Das: Dari Tukang Cukur Rambut Jadi "Raja" Buku (1)

BACA JUGA: Perjalanan Sukses Hidup Asril Das: Dari "Raja" Buku Menjadi Pengusaha Hotel (2)

 

Pada tahun 2014 usaha penerbitan, toko buku dan ... Baca halaman selanjutnya