STP Unand Beri Peluang Tenant dan Mitra Jual Produk di Pasar Online

Peserta pelatihan Pasar Online tenant dan mitra STP Unand
Peserta pelatihan Pasar Online tenant dan mitra STP Unand (Istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF - Universitas Andalas melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) memberikan kesempatan kepada tenant dan mitra mereka untuk berjualan di pasar online Shopee.

Peluang itu diberikan melalui pelatihan pasar online untuk tenant dan mitra Saint Techno Park (STP) Unand dengan mendatangkan pemateri dari Shopee.

Kegiatan yang diikuti 21 peserta ini dilaksanakan di Digital Innovation Lounge (DIlo) Padang, Senin, 27 Januari 2020.

Baca Juga

Ketua STP Unand Dr. Eka Candra Lina, MSi menerangkan, peserta pelatihan tersebut merupakan program 3 tahun inkubasi tenant dan mitra Unand yang saat ini jalan dua tahun. Sebelumnya, mereka yang terdiri dari UMKM tersebut telah diberikan pelatihan manajemen keuangan dan bisnis.

"Mereka terdiri dari produk rumahan yang produksi secara berkesinambungan dan kami bantu untuk bisa berkembang. Kami berikan kesempatan untuk jual produk secara online melalui program pasar online ini," katanya.

Dilanjutkannya, pelatihan juga dalam rangka agar peserta tahu cara berjulan di Shopee, bagaimana persaingan jual beli online, termasuk produk apa saja yang paling laku di pasaran.

Tidak sampai disitu, STP juga akan tetap melakukan pendampingan agar UMKM ini bisa naik kelas sehingga bisa bersaing dan menyerap tenaga kerja.

"Kami tidak berhenti sampai disini. Kami carikan mereka investor, sembari berjalan terus melakukan pembinaan agar pasar baru bagi tenant, mitra dan binaan ini naik kelas," ujarnya.

Sementara itu, Lcs Shopee Padang Nanda Saputra menjelaskan, peserta pelatihan diberikan materi potensi besar industri e-commerce di Indonesia. Kemudian diajarkan cara upload produk, promosi dan dibuat toko tersendiri di Shopee.

"Jadi tidak habis sampai disini, 21 peserta ini kami gabungkan dalam satu grup untuk dibina dan diinkubasi selama 3 bulan untuk bisa bergabung untuk masuk bimbel Shopee," jelas Nanda.

Selanjutnya, dari bimbel Shopee mereka akan masuk dalam kampus Shopee yang isinya semua pedagang di Sumbar.

"Dalam Kampus Shopee ini mereka akan banyak dapat informasi seputar seputar Shopee hingga produk terbaru kami," tukasnya. (*)

Editor: Joni Abdul Kasir