Operasi Pasar di Batusangkar, Sembako Murah Diserbu Warga

Ibu-ibu rumah tangga membeli bahan kebutuhan pokok saat operasi pasar di Batusangkar
Ibu-ibu rumah tangga membeli bahan kebutuhan pokok saat operasi pasar di Batusangkar (Ist)

TANAH DATAR , KLIKPOSITIF - Operasi pasar yang digelar Pemkab Tanah Datar bersama Pemprov Sumatera Barat di Pasar Batusangkar, cukup membantu warga Tanah Datar disaat harga kebutuhan pokok mahal.

"Pas waktunya digelar operasi pasar , kami akan ada kenduri sehingga dapat membantu membeli bahan kebutuhan yang lain, apalagi sekarang barang-barang mahal," ucap Ibu Rumah Tangga asal Nagari Sungai Tarab, Hayati, saat berada di Pasar Batusangkar, Kamis 27 Februari 2020.

Hal senada juga disampaikan Yanti, warga asal Pagaruyung yang langsung memborong Bawang Putih dan bahan kebutuhan pokok lainnya yang tersedia seperti telur ayam dan gula pasir.

Baca Juga

"Mumpung harga lebih murah dari harga pasar untuk keperluan di rumah, juga tadi ada tetangga yang titip," tuturnya.

Sementara itu, Kasubag TU UPTD Distribusi, Pasokan dan Akses Pangan Dinas Pangan Provinsi Sumatera Barat Friswan Yuson menyampaikan operasi pasar yang digelar cukup mendapat respons dari masyarakat Tanah Datar .

"Operasi pasar ini untuk menstabilkan harga barang di pasaran dan Alhamdulillah berkat dukungan bersama, mendapat respon positif dari masyarakat, waktunya tepat hari Pasar Batusangkar dan apalagi sudah dibantu sosialisasi sebelumya oleh pemerintah daerah," tutur Friswan.

Ia menyebut pihaknya dengan program Toko Tani Indonesia Center (TTIC) saat operasi pasar ini menyediakan Bawang Putih sebanyak 800 kilogram, Bawang Merah 10 kilogram, telur ayam sebanyak 10 tray (isi 30 butir telur), dan gula pasir sebanyak 60 kilogram.

"Untuk Bawang Merah, Telur Ayam dan Gula Pasir kurang dari satu jam sudah habis terjual, sementara Bawang Putih menjelang sore sudah tak ada lagi," katanya.

Disebutkan, saat operasi pasar Bawang Putih dijual Rp32.000 perkilogram, Bawang Merah Rp27.000 perkilogram, Gula Pasir Rp13.000 perkilogram, dan Telur Ayam Rp39.000 pertray. (*)

Baca Juga

Penulis: Irfan Taufik | Editor: Haswandi