Ingin Menjadi Pengusaha? Simak Tips dari Erman Safar Ini

Erman Safar
Erman Safar (KLIKPOSITIF/Haswandi)

PADANG, KLIKPOSITIF - Pengusaha Muda asal Bukittinggi , Erman Safar memberikan beberapa tips bagi para generasi muda yang ingin menjalankan usaha atau menjadi pengusaha , dalam kegiatan Seminar Nasional yang digelar di Kampus Universitas Fort de Kock Bukittinggi , Sabtu 7 Maret 2020.

Menurutnya, yang pertama dipersiapkan untuk menjalankan usaha adalah mental untuk menghadapi kemungkinan sepi atau tidak diminatinya produk yang dibuat. Menurutnya, perkara untung rugi merupakan hal yang lumrah bagi pedagang, sehingga jika ingin menjalankan usaha, harus siap dengan berbagai risiko yang akan dihadapi.

Selanjutnya, kata Erman Safar , sebelum menjalankan usaha, harus mengetahui dulu market atau pasar produk yang akan dibuat.

Baca Juga

"Kita kenali market dulu, baru kita buat produk. Jangan sampai produk dibuat dulu, baru market kita cari kemudian, karena itu sulit buat kita yang baru memulai bisnis," ujar Erman Safar .

Erman Safar , melanjutkan, calon pengusaha harus bisa menangkap peluang-peluang bisnis, atau produk apa yang laku atau yang sedang dibutuhkan masyarakat di tempat target wilayah bisnis .

"Kita juga harus selalu istiqamah, jangan ada pola-pola merugikan orang lain. Berbuatlah hanya untuk Allah dan ummat, karena di balik itu akan didapat kemudahan-kemudahan. Dengan adanya niat kita karena Allah, lalu bermanfaat untuk ummat, Insya Allah kita akan mendapatkan keridhaan dan kemudahan dalam masalah bisnis," terang Erman Safar .

Erman Safar juga berharap kepada yang ingin memulai jadi pengusaha , agar tidak terlalu lama berpikir.

"Pikirkan hari ini, langsung beraksi besok. Itulah pola yang selalu saya gaungkan di mana saya jadi pembicara seminar enterpreneur. Untuk memulai bisnis, kita tidak harus jadi anak orang kaya, atau kita harus ada uang besar dulu untuk mulai. Itu tidak perlu. Pikirkan yang besar, mulai dari yang kecil. Apapun yang bisa dijual, jual lah. Apa yang bisa kita lakukan, lakukanlah. Paling telat 24 jam dari kita memiliki ide," jelasnya.

Erman Safar mengimbau kepada pemuda-pemudi Bukittinggi sebagai harapan generasi penerus bangsa, agar memulai membuka usaha, minimal berpikir untuk menjadi pengusaha .

"Banyak saudara-saudara kita di luar sana yang membutuhkan lapangan kerja. Harapan itu akan tertumpu di generasi kita, karena orang Minang dikenal dengan karakter berdagang. Jadi, harapan orang luar sana adalah kita kalau merantau akan menjadi pengusaha besar. Lalu, persiapan-persiapan untuk menjadi pengusaha sebelum merantau kita harus mulai dari daerah kita sendiri, ke luar lah dari rumah, walaupun jadi pedagang kecil saya sangat respek, karena itu adalah bagian dari proses untuk menjadi pengusaha besar," ujar Erman Safar yang juga merupakan salah satu bakal calon Wali Kota Bukittinggi .

Baca Juga

Editor: Haswandi