Dukung Perkembangan UMKM, JNE Siap Kirimkan Produk Sumbar 'Go Internasional'

Kegiatan JNE Sumbar, Selasa, 3 Maret 2020
Kegiatan JNE Sumbar, Selasa, 3 Maret 2020 (Ist)

PADANG, KLIKPOSITIF - Dalam rangka mendukung perkembangan bisnis UMKM yang ada di Sumatera Barat (Sumbar), JNE siap sebagai jasa transportasi andalan guna penuhi kebutuhan pasar internasional akan pemesanan berupa makanan atau barang khas dari daerah ranah bagonjong tersebut.

Kepala JNE Sumbar, Yusran
Kepala JNE Sumbar, Yusran

Hal itu diungkapkan oleh Kepala JNE Cabang Sumbar Yusran didampingi Head Regional Sumatera Edwina Yudianti pada KLIKPOSITIF di sela-sela kegiatan Sales Training 2020 di Padang, Selasa, 3 Maret 2020. Pada kegiatan itu, JNE Sumbar mendatangkan trainer dari JNE Pusat yakni Head of Internasional Export Division Bpk Gary Wiharto yang menyampaikan dengan lebih rinci mengenai unggulan JNE dalam pengiriman ke luar negeri.

Ia menjelaskan, pengiriman produk UMKM ke luar negeri merupakan program JNE pada 2020. Ia meyakini Sumbar memiliki potensi produk berupa barang atau makanan yang dapat dikirim ke luar negeri. Karena itu, ia berharap agar JNE dapat menjadi transportasi andalan pilihan UMKM agar lebih luas dalam menjangkau pasarnya.

Baca Juga

"Sebelumnya, mungkin bisnis usaha dari Sumbar target pasarnya masih lokal, namun kalau bisa sekarang targetnya itu Nasional, bahkan internasional. Kita siap sediakan jasa pengiriman untuk menjangkau target pasar," ujarnya.

Dengan mengikuti perkembangan zaman yang semakin canggih, JNE juga ingin memudahkan masyarakat dalam mengirim hal apapun. Mungkin selama ini masyarakat berpikir hanya dokumen saja yang dapat dikirim ke luar negeri. Namun 'mindset' itu harus diperbaiki karena JNE bisa mengirim apapun baik itu barang dan makanan kapan pun dan kemana pun asalkan bukan barang yang berbahaya dan ilegal.

"Hanya saja untuk pengiriman ke luar negeri, kita juga akan mempelajari mengenai daerah dari daerah penerima paket. Apakah daerah itu dapat masuk ke sana," kata Yusran.

Hal itu dibenarkan oleh Head Regional JNE Sumatera Edwina Yudianti yang menambahkan bahwa memang ada regulasi di masing-masing negara untuk setiap barang yang masuk dan baru akan diteruskan jika memenuhi regulasi tersebut.

Dalam memenuhi kebutuhan konsumen yang ingin mengirim barang ke luar negeri, JNE harus melengkapi beberapa dokumen sebagai lampiran agar barang tersebut dapat dikirim ke negara tujuan.

"Pokoknya kita berusaha untuk menyediakan jasa pengiriman paket ke luar negeri, terutama untuk dukung UMKM Sumbar. Karena kita tahu Sumbar memiliki banyak nilai khas yang menjadi unggulan seperti rendang yang dinobatkan sebagai makanan terlezat di dunia, kain songket dengan nilai budaya yang tinggi dan hal lainnya," katanya.(*)

Baca Juga

Editor: Khadijah