Kota Pariaman Catat Angka Kemiskinan Terendah dalam 7 tahun Terakhir

Walikota Pariaman Genius Umar ketika meninjau Pasar Penampungan Pariaman berkesempatan berdialog dengan salah satu pedagang
Walikota Pariaman Genius Umar ketika meninjau Pasar Penampungan Pariaman berkesempatan berdialog dengan salah satu pedagang (Humas)

PARIAMAN , KLIKPOSITIF - Walikota Pariaman Genius Umar, menyampaikan bahwa Kota Pariaman tahun 2019 yang lalu, mencatat penurunan angka kemiskinan yang cukup drastis. Indeks angka kemiskinan tersebut tidak saja mengalami penurunan dari tahun 2018, tetapi juga merupakan pencapaian terendah dengan persentase penurunan tertinggi dalam 7 tahun terakhir.

Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Pariaman telah merilis data tahun 2019 yang mengatakan bahwa angka kemiskinan di Kota Pariaman pada tahun 2019, turun menjadi 4,76 %, dimana pada tahun 2018 berada pada besaran 5,03 % dan 5,23 % di tahun 2017.

BPS Kota Pariaman juga merilis bahwa perkembangan tingkat pengangguran terbuka juga mengalami penurunan diangka 5.42 %, dimana pada tahun 2018 berada pada persentase 5.72 % dan 5.97% ditahun 2017. Sedangkan perkembangan Indeks Gini ( Gini Ratio ) juga mengalami penurunan di tahun 2019 sebesar 0.300, tahun 2018 sebesar 0.316 sedangkan pada tahun 2017 berada pada angka 0.301.

Baca Juga

"Dari capaian Indikator Makro daerah tahun 2019, dapat terlihat bahwa Capaian tingkat kemiskinan 4.76%, melampaui target RPJMD yang telah dicanangkan yaitu sebesar 4.80 %," ucapnya.

"Tingkat pengganguran tahun 2019 sebesar 5.42 % juga melampaui target yang telah dipatok sebesar 5.47 %. Sedangkan Indeks Gini Ratio tahun 2019 sebesar 0.300 juga melampaui target 0.285," ungkapnya lebih lanjut

Genius Umar juga menjelaskan, target angka pengangguran bisa tercapai salah satunya adalah berkat perkembangan pariwisata pariaman yang tumbuh pesat, yang telah mampu menjadi lokomotif untuk menggerakan ekonomi pariaman

"Dalam penurunan angka kemiskinan, kita menggunakan Basis Data Terpadu (BDT) sebagai data sasaran dalam pelaksanaan program pengentasan kemiskinan, seperti bantuan sosial, pemberdayaan masyarakat dan bantuan akses permodalan," ulasnya.

"Kita di Pemerintah Kota Pariaman , terus mensinergikan seluruh program yang dilaksanakan mulai dari tingkat Kota Pariaman , Provinsi Sumatera Barat sampai ke Pemerintah Pusat," tutupnya.

Diakhir penjelasannya, Wali Kota Pariaman menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh OPD dan pihak terkait yang telah bersinergi dalam program pengentasan kemiskinan, serta penurunan angka pengangguran di Kota Pariaman , dengan harapan kinerja tersebut dapat ditingkatkan untuk tahun berikutnya.

Baca Juga

Penulis: Rehasa | Editor: Ocky Anugrah Mahesa