IMF Dukung Pemindahan Tingkat Negatif Beberapa Bank Sentral

"pemindahan ke tingkat negatif oleh beberapa bank sentral dunia akan membantu memberikan stimulus moneter tambahan"
IMF (Reuters)

KLIKPOSITIF - Dana Moneter Internasional (IMF) mengatakan pemindahan ke tingkat negatif oleh beberapa bank sentral dunia akan membantu memberikan stimulus moneter tambahan dan meredakan kondisi pinjaman.

Enam bank sentral dunia telah memperkenalkan tarif negatif, terutama Bank of Japan dan Bank Sentral Eropa yang membuat seperempat dari ekonomi dunia dengan output sekarang mengalami tingkat resmi yang kurang dari nol.

Mereka mencapai hal itu dengan memotong suku bunga deposito ke wilayah negatif, mulai dari minus lima basis poin di Hungaria menjadi minus 125 basis poin di Swedia yang pada dasarnya merupakan pajk deposito.

"Meskipun pengalaman dengan tingkat bunga nominal negatif terbatas, kami ragu-ragu menyimpulkan bahwa secara keseluruhan, mereka membantu memberikan stimulus moneter tambahan sehingga kondisi keuangan lebih mudah mendukung permintaan dan stabilitas harga," ungap konselor IMF keuangan dan direktur keuangan dan pasar modal, Jose Vinals.

Suku bunga negatif pertama kali diadopsi di Swedia, Denmark dan Swiss dalam upaya menghentikan apresiasi mata uang terhadap euro dan bank sentral Hungaria.

Kritikus berpendapat bahwa pindah ke tingkat negatif, terutama di Jepang akan memicu pertumbuhan atau menggeser inflasi yang lebih tinggi. Apa yang dibutuhkan merupakan pengeluaran pemerintah tambahan bukan kebijakan moneter yang lebih longgar.

Selain itu, biaya bergerak dapat merusak perekonomian dengan menggembungkan gelembung aset pasar keuangan dan meremas margin keuntungan Bank.

[Fitri]