Harga Minyak Dunia Jatuh Akibat Lockdown

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Harga minyak dunia mengalami penurunan hingga lebih dari 1 dolar AS per barel. Penurunan ini dipicu banyak negara memerintahkan lockdown untuk mengekang penyebaran pandemi global virus corona, kondisi yang memangkas prospek permintaan minyak mentah.

Dilansir dari Reuters, Senin (23/3/2020), harga minyak mentah berjangka Brent, patokan internasional, anjlok 1,84 dolar AS atau 6,8 persen, menjadi 25,14 dolar AS per barel. Sedangkan itu, patokan Amerika Serikat, minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI), menyusut 1,26 dolar AS, atau 5,6 persen, menjadi 21,37 dolar AS per barel.

Harga minyak jatuh selama empat pekan berturut-turut dan kehilangan sekitar 60 persen sejak awal tahun. Virus corona, yang menginfeksi lebih dari 325.000 orang dan membunuh lebih dari 14.000 di seluruh dunia , mengganggu aktivitas bisnis, perjalanan, dan kehidupan sehari-hari.

Baca Juga

Banyak perusahaan minyak buru-buru memangkas pengeluaran dan beberapa produsen sudah mulai mengurangi karyawan. Pasar harus menghadapi tekanan ganda dari kehancuran permintaan yang disebabkan oleh pandemi virus korona dan perang harga minyak antara dua produsen terbesar, Rusia dan Arab Saudi, awal bulan ini

Baca Juga

Editor: Ramadhani