Harga Emas Dunia Turun Lebih 2 Persen

emas
emas (net)

KLIKPOSITIF - Kekhawatiran tentang merosotnya ekonomi akibat pandemi virus corona menodorng harga emas turun lebih dari 2 persen. Penuruna itu merupakan yang terendah dalam sepekan terakhir.

Dilansir dari Reuters Rabu (1/4/2020), harga emas di pasar spot anjlok 2,1 persen menjadi 1.587,70 dolar AS per ounce. Sedangkan harga emas berjangka Amerika Serikat ditutup melorot 2,8 persen menjadi 1.596,60 dolar AS per ounce.

"Mood di seluruh pasar tampaknya membaik karena investor mendapat kenyamanan dari data ekonomi yang positif dari China. Namun, kehati-hatian masih membayangi pasar yang merangsang selera untuk dolar," kata analis FXTM , Lukman Otunuga.

baca juga: Akhir Pekan, Emas Dijual Rp 913 Ribu Per Gram

Dolar menguat terhadap sejumlah rival utamanya, membuat emas lebih mahal bagi pemegang mata uang lainnya. Investor bersorak ketika data pabrik China yang kuat menawarkan harapan untuk kebangkitan ekonomi bahkan ketika sebagian besar dunia terkunci untuk melawan wabah virus tersebut.

Untuk kuartal ini, emas melonjak 4,6 persen di belakang ketegangan AS-Iran pada Januari dan kemudian pandemi global tersebut. "Sentimen global tetap goyah meski bank sentral dan pemerintah berdiri bersama dalam perang melawan Covid-19," kata Otunuga, seraya menambahkan "kekhawatiran seputar resesi global akan membuat investor bergegas menuju emas , terutama jika retakan mulai terlihat di ekonomi terbesar dunia." katanya.

baca juga: Akhir Pekan, Minyak Dunia Naik Hampir 2 Persen

Editor: Ramadhani