Harga Minyak Dunia Naik 10 Persen

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF - Harga minyakdunia mengalami kenaikan atau rebound pada Kamis (2/4/2020) setelah sempat mengalami penurunan pada sesi sebelumnya, kenaikan ini terbilang tinggi karenaharga minyak duniasudah turun lebih dari 50 persen dari awal tahun.

MengutipReuters, harga minyak West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Mei 2020 naik 2,05 dolar AS atau sekitar 10,09 persen, menjadi 22,36 dolar AS per barel di New York Mercantile Exchange.

baca juga: Angka Kematian karena Covid-19 Tinggi, Penggunaan Ventilator Dikaji Ulang

Sedangkan harga minyak mentah Brent untuk pengiriman Juni 2020 meningkat 2,66 dolar atau sekitar 10,75 persen, menjadi 27,40 dolar AS per barel di London ICE Futures Exchange.

Harga minyak dunia naiksetelah Presiden Amerika Serikat Donald Trump menyatakan bahwa Arab Saudi dan Rusia akan mencapai kesepakatan terkait produksi minyak mentah dalam waktu dekat.

baca juga: Vaksin Covid-19 Milik Cina Akan Tersedia Akhir Tahun

Trump telah berbicara dengan pemimpin kedua negara tersebut terkait pembatasan produksi yang diharapkan dapat mendongkrak harga minyak dunia.

Trump pada Jumat (3/4/2020) akan bertemu dengan para CEO perusahaan minyak AS untuk membahas tentang penetapan tarif terhadap minyak yang diimpor dari Saudi.

baca juga: SpaceX Falcon 9 Sukses Bawa Astronot ke Orbit

Harga minyak terpuruk sejak awal Maret lalu akibat kegagalan tercapainya kesepakatan pemangkasan produksi oleh Saudi dan Rusia.

Harga minyak juga tertekan turunnya permintaan seiring berlangsungnya lockdown di berbagai belahan dunia dalam upaya menghambat laju penyebaran virus Corona (COVID-19).

baca juga: Hasil Otopsi Mayat Buktikan Covid-19 Tak Cuma Serang Pernapasan

Editor: Eko Fajri