FGD Dorong Perbankan Beri Kemudahan Pinjaman Untuk UMKM di Sumbar

"Harus sampai ke desa/nagari jangan hanya terfokus di kota saja"
Forum Group Discussion di Adinegoro Room, Gedung Graha Pena, Padang, Kamis sore. (Papah Alika for KLIKPOSITIF)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Sebuah forum diskusi yang bernama Forum Group Discussion (FGD) meminta serta mendorong pihak perbankan untuk memberikan kemudahan kepada pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Sumbar yakni, memberikan pinjaman dan tidak mempersulit prosesnya.

Pakar Ekonomi Mikro Universitas Bung Hatta, Syafrizal Can mengatakan, pemerintah dan perbankan harus bersinergi dalam mensukseskan program KUR. Program harus bisa dirasakan pelaku usaha hingga ke pelosok negeri.

“Harus sampai ke desa/nagari jangan hanya terfokus di kota saja,” katanya saat FGD di Gedung Graha Pena Padang, Kamis 20 Oktober 2016.

Menurut Syafrizal, pemerintah harus bisa memberikan suku bunga yang rendah kepada pelaku UMKM, agar usaha meraka bisa berkembang. “Di luar negeri seperti Thailand, Singapura dan Malaysia bisa memberikan suku bunga dibawah 5 persen, sedangkan di Indonesia baru berkisar 7 persen,” sebutnya.

Sementara, Wakil Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sumbar, Budi Syukur meminta perbankan menyediakan basis data pelaku UMKM yang telah memanfaatkan perbankan untuk penambahan modal usaha. Dengan begitu, pemerintah atau pendamping UMKM bisa menganalisa persoalan kredit macet.

"Kasihan kita dengan pelaku UMKM dengan terjadinya kredit macet karena mereka tidak bisa lagi meminjam ke bank,” katanya.

Kepala Dinas Koperasi UMKM Provinsi Sumbar, Zirma Yusri meminta kabupaten/kota aktif dalam pembinaan koperasi dan memberikan pendampingan dalam mendapatkan bantuan modal kepada pelaku UMKM. 

"Dinas di kabupaten kota harus aktif memberikan pendampingan kepada pelaku usaha, terutama untuk mendapatkan dana KUR,” imbaunya.

Sebelumnya, sulitnya proses pengurusan untuk mendapatkan dana KUR pernah dirasakan Husni Tamrin (42), salah seorang pelaku usaha di Padang. Ia menyampaikan, saat memberanikan diri datang ke salah satu bank di Padang untuk mendapatkan ... Baca halaman selanjutnya