Tingkat Hunian Hotel Meningkat 80 Persen Selama Sail Komodo 2016

"Ini termasuk peningkatan yang cukup tinggi di low season"
Sail Komodo 2016 (Antara)

KLIKPOSITIF - Tingkat hunian hotel selama Sail Komodo 2016 di Sumatera Barat meningkat 80 persen. Hal ini naik sebesar 20 persen dari biasanya yang hanya 50 sampai 60 persen.

"Tingkat hunian hotel (occupancy) meningkat 80 persen selama acara beberapa hari kemarin. Ini termasuk peningkatan yang cukup tinggi di low season karena April termasuk low season bagi wisatawan," ungkap Ketua Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumatera Barat Maulana Yusran saat di hubungi KLIKPOSITIF, Senin 18 April 2016.

Ia mengatakan, peningkatan berasal dari peserta Sail Komodo 2016 dan wisatawan yang datang menikmati acara itu. Namun pihaknya belum memiliki data berapa jumlah kunjungan dari masing-masingnya.

"Kita belum memiliki data pasti terkait kunjungan ini. Terutama jumlah wisatawan yang datang hanya untuk melihat acara ini," tuturnya.

Menurutnya, tingkat hunian hotel di bulan April ini jauh lebih baik dari tahun lalu di bulan yang sama. "Untuk tingkat hunian di bulan yang sama pada tahun lalu hanya 60-65 persen," katanya.

Ia menyebutkan, jika dibandingkan dengan tahun 2014, tingkat hunian hotel lebih bagus dari tahun ini. "Tingkat hunian hotel di bulan yang sama pada 2014 lebih dari 80 persen. Dan itu lebih baik dari tahun sekarang," katanya.

Sementara itu, untuk restoran sendiri, Maulana mengakui juga mengalami peningkatan dalam pemesanan. "Karena ada gala dinner yang diselenggarakan selama acara berlangsung," jelasnya.

[Fitria]