Harga Minyak Jatuh, Kredibilitas OPEC Dianggap Lemah

"Kredibilitas OPEC dalam mengkoordinasikan hal ini sangat rendah"
Harga minyak anjlok Senin setelah pertemuan eksportir utama di Qatar gagal mencapai kesepakatan menekan produksi (Reuters)

KLIKPOSITIF - Harga minyak anjlok Senin setelah pertemuan eksportir utama di Qatar gagal mencapai kesepakatan menekan produksi. Ketegangan antara Arab Saudi dan Iran kembali mengkhawatirkan pangsa pasar dengan menawarkan diskon yang selalu curam.

"Kredibilitas OPEC dalam mengkoordinasikan hal ini sangat rendah," ungkap Peter Lee dari BMI Research, Senin 18 April 2016.

Kegagaglan itu dianggap sebagai buruknya hubungan OPEC. "Sekarang kita melihat sebuah resiko yang tumbuh dari pasokan OPEC yang lebih tinggi," terutama karena Arab Saudi terancam menaikkan output mereka," ungkapnya.

Dilansir dari laman reuters, harga minyak telah jatuh sebanyak 70 persen sejak pertengahan 2014 sebagai produsen yang telah memompa 12 juta barel minyak mentah setiap harinya.

Pertemuan di Doha, Qatar diharapkan mampu menyelesaikan kesepakatan untuk membekukan output pada Januari hingga Oktober 2016 untuk memperlambat bahwa balon kelebihan pasokan.

[Fitria]