IHSG Berhasil Menguat Pada Transaksi Pagi Ini

Saham
Saham (net)

KLIKPOSITIF - Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada Kamis, 13 Januari 2022 kembali memasuki zona hijau. IHSG menguat ke level 6.659 dibandingkan pada penutupan perdagangan kemarin sore yang ditutup melemah di posisi 6.647.

Dilansir dari data RTI, Kamis (13/1/2022), IHSG diawal pra perdagangan dibuka menguat 12,9 basis poin atau terapresiasi 0,19 persen. Laju HSG terus merangkak naik hingga posisi 6.662 atau menguat 0,24 persen.

baca juga: IMF Beri Penilaian dan Rekomendasi Terkait Kebijakan Fiskal Indonesia

Sementara itu indeks LQ45 juga dibuka menguat pada awal pra perdagangan indeks ini naik 3,6 basis poin atau menguat 0,39 persen ke posisi 947. Pada level tersebut IHSG telah ditransaksikan sebanyak 19 juta lembar saham dengan nilai mencapai Rp 66 miliar dengan volume transaksi mencapai 3,7 ribu kali.

Sebanyak 185 saham menguat, 91 saham melemah dan 223 saham belum ditransaksikan. CEO Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya mengatakan, pola pergerakan IHSG masih menunjukkan pola konsolidasi wajar.

baca juga: Harga Minyak Dunia Terus Melejit, Terpicu Kekhawatiran Pasokan

Hal itu terjadi di tengah kondisi perlambatan perekonomian yang masih akan terus memberikan pengaruh terhadap kinerja emiten hingga beberapa waktu mendatang. "Selain itu fluktuasi harga komoditas dan nilai tukar rupiah belum akan memberikan pengaruh terhadap pola gerak IHSG," kata William dalam analisanya.

Meski demikian William mengatakan untuk jangka panjang masih terlihat bahwa perbaikan perekonomian akan terjadi dalam tempo cepat atau lambat sehingga dapat kembali mendorong kenaikan IHSG dalam jangka panjang.

baca juga: Pemerintah Diminta Segera Bayar Bulog, DPR: Harga Beras Jangan Seperti Minyak Goreng

Editor: Ramadhani