Pekanbaru Bebaskan Pajak bagi Keluarga Kurang Mampu

()

KLIKPOSITIF - Pemerintah Kota Pekanbaru akan menggratiskan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) bagi warga kurang mampu mulai tahun ini.

"Yang gratis itu PBB masyarakat miskin yang nilai jual objek pajak (NJOP)nya di bawah Rp100 ribu/tahun," ungkap Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kota Pekanbaru Yuliasman, Selasa 19 April 2016.

baca juga: Kebijakan Baru Pemerintah, Beli Innova Hingga Fortuner Mendapat Diskon PPnBM

Ia mengatakan, program gratis PBB bagi masyarakat miskin ini diberikan untuk meningkatkan kemampuan ekonomi mereka.

Menurutnya, Pemerintah Kota (pemko) memang sengaja membuat kebijakan program ini dengan beberapa kelas dan golongan sesuai dengan NJOP yang diberlakukan terhadap bangunan masyarakat.

baca juga: DJP Sumbar dan Jambi Gelar Bimtek Sensus Produktivitas Perkebunan Kelapa Sawit

Golongan pertama yakni yang memiliki NJOP kurang dari Rp100.000 per tahunnya. "Jadi bagi yang nilai pajak bumi dan bangunan di bawah Rp100 ribu akan mendapat pengurangan 100 persen," katanya.

Masyarakat punya NJOP Rp100 ribu sampai Rp1 juta akan mendapatkan potongan 50 persen, sementara yang di atas Rp1 juta hingga tak terbatas mendapat potongan 40 persen.

baca juga: Wamenkeu: Vaksinasi dan Insentif Perpajakan Jumpstart Ekonomi 2021

Selain meringankan beban keluarga kurang mampu, potongan pajak ini juga diharapkan akan jadi rangsangan bagi Wajib Pajak (WP) baru.

[Fitria]

baca juga: Ini Syarat Diskon Pajak Barang Mewah untuk Kendaraan Bermotor

Penulis: Fitria Marlina