Ekonomi Kreatif Hasilkan 852 Triliun untuk PDB Indonesia

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF -- Badan Pusat Statistik merilis, sektor ekonomi kreatif menyumbangkan Pendapatan Domestik Bruto (PDB) Indonesia sebanyak Rp852,24 triliun. Pendapatan tersebut terhitung meningkat jika dibandingkan dengan pendapatan dalam 5 tahun terakhir.

Berdasarkan data, PDB Indonesia dari ekonomi kreatif sejak 2010 hingga 2015 sebesar Rp525,96 triliun atau naik 10,14 persen tiap tahunnya. Perhitungan itu dilakukan dalam cakupan 16 subsektor ekonomi kreatif.

baca juga: Respon Pernyataan Presiden Prancis, Ini Kata Presiden Jokowi

"Perhitungannya mencakup 16 subsektor yaitu bidang aplikasi dan game developer, arsitektur, desain interior, desain komunikasi visual, desain produk, fashion, film, animasi, dan video, fotografi, kriya, kuliner, musik, penerbitan, periklanan, seni pertunjukan, seni rupa, dan televisi dan radio," kata kepala BPS, Kecuk Suhariyanto.

Ia menyebutkan, tiga negara yang menjadi sasaran ekspor ekonomi kreatif yakni Amerika Serikat 31,72% kemudian Jepang 6,74%, dan Taiwan 4,99%. Kemudian untuk sektor tenaga kerja ekonomi kreatif 2010-2015 mengalami pertumbuhan sebesar 2,15%, dimana jumlah tenaga kerja ekonomi kreatif pada tahun 2015 sebanyak 15,9 juta orang.

baca juga: Terkait Industri Halal, 73 Lembaga dari berbagai Negara Ajukan Kemitraan dengan Indonesia

Menurut Suhariyanto, pendapatan tersebut dipengaruhi kekuatan ekonomi kreatif terletak pada sumber daya manusianya yang mengandalkan pada ide-ide kreatif dan inovasi.

"Prediksi ke depan, saya pikir prospeknya (ekonomi kreatif) sangat menjanjikan," pungkasnya. Terkait dengan itu, Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) juga mengharapkan angka pendapatan tersebut dapat menjadi dasar dalam pengembangan ekonomi kreatif Indonesia .(*)

baca juga: Produknya Diboikot, Pemimpin-pemimpin Eropa Beri Dukungan Presiden Prancis

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa