DJP Nilai Kebijakan Pengampunan Pajak Bermanfaat Bagi Repatriasi WNI

Kebijakan pengampunan pajak akan lebih bermanfaat bagi repatriasi dana para WNI di luar negeri
Kebijakan pengampunan pajak akan lebih bermanfaat bagi repatriasi dana para WNI di luar negeri (http://cdn0-a.production.liputan6.static6.com/)

KLIKPOSITIF - Direktur Jenderal Pajak Kementerian Keuangan Ken Dwijugiasteadi menilai kebijakan pengampunan pajak akan lebih bermanfaat bagi repatriasi dana para WNI di luar negeri.

"Tujuan tax amnesty bukan hanya tebusan yang harus dibayar atau penerimaan pajak , karena yang penting uang di luar negeri bisa diinvestasikan kembali di Indonesia," katanya di Jakarta, Rabu 20 April 2016.

baca juga: Kebijakan Baru Pemerintah, Beli Innova Hingga Fortuner Mendapat Diskon PPnBM

Ia mengatakan, dana repatriasi para WNI yang mengajukan pengampunan pajak tersebut, bisa masuk ke berbagai instrumen investas yang bisa dimanfaatkan untuk pembiayaan berbagai proyek pembangunan.

"Tentunya kalau ada investasi baru, bisa menyerap tenaga kerja dan meningkatkan daya beli. Dengan adanya investasi baru, maka juga akan ada obyek pajak baru, sehingga DJP tidak memerlukan upaya ekstensifikasi," ujarnya.

baca juga: DJP Sumbar dan Jambi Gelar Bimtek Sensus Produktivitas Perkebunan Kelapa Sawit

Ia meminta para wajib pajak yang belum melaporkan asetnya di luar negeri, untuk tidak takut mengajukan pengampunan pajak , karena pihaknya akan menerapkan prinsip keadilan sesuai mekanisme berlaku.

Pihaknya juga akan menjamin data-data yang digunakan untuk pengampunan pajak sehingga tidak disalahgunakan untuk bukti awal penyelidikan, penyidikan, penuntutan dan tindak pidana lainnya sehingga aman bagi para wajib pajak .

baca juga: Wamenkeu: Vaksinasi dan Insentif Perpajakan Jumpstart Ekonomi 2021

[Fitria]

Penulis: Fitria Marlina