IHSG Turun Akibat Aksi Ambil Untung Pelaku Pasar

Indeks kembali turun seiring dengan pelaku pasar yang melakukan aksi ambil untung
Indeks kembali turun seiring dengan pelaku pasar yang melakukan aksi ambil untung (http://www.investasionline.org/)

KLIKPOSITIF - Indeks harga saham gabungan (IHSG) dibuka turun 12,71 poin atau 0,26 persen menjadi 4.866,15, seiring dengan pelaku pasar yang kembali melakukan aksi ambil untung.

Sementara kelompok 45 saham unggulan atau LQ45 bergerak melemah 5,51 poin (0,65 persen) menjadi 839,98. "Indeks kembali turun seiring dengan pelaku pasar yang melakukan aksi ambil untung memanfaatkan beberapa saham yang nilainya masih tinggi," kata Kepala Riset NH Korindo Securities Indonesia Reza Priyambada, di Jakarta, Selasa 26 April 2016.

baca juga: IHSG Mengalami Penguatan di Hari Pertama PSBB Total Jakarta

Selain itu, mulai dirilisnya laporan keuangan emiten-emiten periode kuartal I 2016, memiliki nilai kapitalisasi besar cukup diwaspadai oleh investor sehingga menahan laju indeks. "Pelaku pasar mengantisipasi dengan melepas sebagian sahamnya, jika kinerja di bawah ekspektasi konsensus maka potensi tekanan cukup terbuka," katanya.

Kondisi bursa saham di kawasan Asia yang juga mengalami tekanan menambah sentimen negatif bagi indeks. Beberapa pihak berharap, kebijakan paket ekonomi yang akan diluncurkan pemerintah dapat mengimbangi sentimen negatif yang beredar sehingga menahan tekanan indeks lebih dalam.

baca juga: Besok PSBB Diterapkan, IHSG Anjlok 4,26 Persen

Sementara itu, Vice President Research and Analysis Valbury Asia Securities Nico Omer Jonckheere menambahkan, rencana pemerintah yang akan mengeluarkan Paket Kebijakan Ekonomi tahap ke XII telah dinantikan oleh pelaku pasar.

[Fitria]

baca juga: Transaksi Kamis Ini, IHSG Bakal Bergerak Melemah

Penulis: Fitria Marlina